Sukses

5 Alasan Mengapa Joe Biden Bisa Menang Pemilu AS dan Kalahkan Donald Trump

Berikut adalah sejumlah alasan di balik kemenangan Joe Biden sebagai presiden AS.

Liputan6.com, Washington DC - Setelah hampir 50 tahun menjabat di kantor publik, dan ambisinya sebagai presiden, Joe Biden telah berhasil merebut jabatan tertinggi di Gedung Putih.

Hal ini bukanlah kampanye yang diprediksi siapa pun.

Kemenangan Biden terjadi di tengah pandemi dan kerusuhan sosial yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dia mencalonkan diri melawan petahana yang tidak konvensional dan menentang preseden. 

Tetapi dalam upaya ketiganya untuk menjadi presiden, Biden dan timnya menemukan cara untuk menavigasi rintangan politik dan mengklaim kemenangan yang, meski sempit dalam penghitungan electoral college, diproyeksikan melampaui total nasional Trump secara keseluruhan dengan jutaan suara.

Mengutip BBC, Minggu (8/11/2020), berikut adalah 5 alasan utama mengapa Joe Biden berhasil memenangkan pemilu AS dan mengalahkan Donald Trump:

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Penanganan Pandemi COVID-19

Mungkin alasan terbesar Biden memenangkan kursi kepresidenan adalah sesuatu yang sepenuhnya di luar kendalinya.

Pandemi Virus Corona COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 230.000 nyawa, juga mengubah kehidupan dan politik Amerika pada tahun 2020.

Bahkan di hari-hari terakhir kampanye pemilihan umum, Donald Trump sendiri sepertinya mengakui hal tersebut.

"Dengan berita palsu, semuanya adalah COVID, COVID, COVID, COVID," kata presiden pada rapat umum pekan lalu di Wisconsin, di mana kasus-kasus meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Fokus media pada COVID, bagaimanapun, lebih merupakan cerminan daripada pendorong kekhawatiran publik tentang pandemi - yang diterjemahkan ke dalam jajak pendapat yang tidak menguntungkan tentang penanganan krisis oleh presiden. 

Sebuah jajak pendapat bulan lalu oleh Pew Research, menunjukkan Biden memimpin 17 poin persentase atas Trump dalam hal kepercayaan tentang penanganan mereka terhadap wabah COVID.

Pandemi dan kemerosotan ekonomi berikutnya membuat Trump meninggalkan pesan kampanye pilihannya tentang pertumbuhan dan kemakmuran. Itu juga menyoroti keprihatinan yang dimiliki banyak orang Amerika tentang kepresidenannya, atas kurangnya fokus, kegemaran untuk mempertanyakan sains, penanganan kebijakan besar dan kecil secara sembarangan, dan memprioritaskan partisan.

Pandemi itu membebani peringkat persetujuan Trump, yang, menurut Gallup, turun menjadi 38% pada satu titik di musim panas - yang dieksploitasi oleh kampanye Biden.

3 dari 7 halaman

2. Kampanye Sederhana

Dalam percobaan ketiganya untuk menjabat sebagai presiden AS, Biden masih mengalami kesulitan verbal, tetapi masih cukup jarang sehingga tidak pernah menjadi lebih dari masalah jangka pendek.

Bagian dari penjelasan untuk ini, tentu saja, adalah bahwa presiden sendiri adalah sumber perputaran siklus berita yang tak henti.

Faktor lain yang lebih besar adalah pandemi virus corona, protes setelah kematian George Floyd dan gangguan ekonomi yang mendominasi perhatian nasional.

Tetapi setidaknya beberapa pujian harus diberikan pada strategi bersama oleh kampanye Biden untuk membatasi eksposur kandidat mereka, menjaga kecepatan yang terukur dalam kampanye, dan meminimalkan kemungkinan kelelahan atau kecerobohan yang dapat menimbulkan masalah.

Mungkin dalam pemilihan biasa, ketika kebanyakan orang Amerika tidak khawatir tentang membatasi paparan mereka sendiri terhadap virus, strategi ini akan menjadi bumerang.

4 dari 7 halaman

3. Siapapun Jadi Presiden, Asal Bukan Trump

Seminggu sebelum hari pemilihan, kampanye Biden meluncurkan iklan televisi terakhirnya dengan pesan yang sangat mirip dengan yang ditawarkan dalam peluncuran kampanyenya tahun lalu, dan pidato penerimaan pencalonannya pada bulan Agustus.

Pemilu itu adalah "pertempuran untuk jiwa Amerika", katanya, dan kesempatan bagi negara untuk menempatkan apa yang dia sebut sebagai perpecahan dan kekacauan selama empat tahun terakhir di belakangnya.

Di bawah slogan itu, bagaimanapun, adalah perhitungan sederhana. 

Biden mempertaruhkan kekayaan politiknya pada anggapan bahwa Trump terlalu polarisasi dan terlalu menghasut, dan yang diinginkan rakyat Amerika adalah kepemimpinan yang lebih tenang dan mantap.

"Saya hanya lelah dengan sikap Trump sebagai pribadi," kata Thierry Adams, penduduk asli Prancis yang setelah 18 tahun tinggal di Florida memberikan suara pertamanya dalam pemilihan presiden di Miami pekan lalu.

Partai Demokrat berhasil menjadikan pemilihan ini sebagai referendum Trump, bukan pilihan biner antara kedua kandidat.

Pesan kemenangan Biden hanyalah bahwa dia "bukan Trump". 

Pernyataan umum dari Demokrat adalah bahwa kemenangan Biden berarti Amerika bisa bertahan selama berminggu-minggu tanpa memikirkan politik. Hal itu awalnya dimaksudkan sebagai lelucon, tetapi mengandung kebenaran yang tersembunyi.

5 dari 7 halaman

4. Fokus Berada di Tengah

Selama kampanye untuk menjadi kandidat Demokrat, persaingan Biden datang dari kiri, dengan Bernie Sanders dan Elizabeth Warren yang menjalankan kampanye yang dibiayai dengan baik dan terorganisir.

Terlepas dari tekanan dari sayap liberal ini, Biden tetap menggunakan strategi sentris, menolak untuk mendukung perawatan kesehatan universal yang dijalankan pemerintah, pendidikan perguruan tinggi gratis, atau pajak kekayaan. Ini memungkinkan dia memaksimalkan daya tariknya kepada kaum moderat dan tidak terpengaruh Partai Republik selama kampanye pemilihan umum.

Strategi ini tercermin dalam pilihan Biden terhadap Kamala Harris sebagai pasangannya ketika dia bisa memilih seseorang dengan dukungan yang lebih kuat dari sayap kiri partai.

6 dari 7 halaman

5. Kampanye Minim Biaya

Awal tahun ini, pundi-pundi kampanye Biden hampir habis. 

Namun, mulai April dan seterusnya, kampanye Biden mengubah dirinya menjadi raksasa penggalangan dana, dan - sebagian karena pemborosan di pihak kampanye Trump - berakhir pada posisi keuangan yang jauh lebih kuat daripada lawannya. 

Pada awal Oktober, kampanye Biden memiliki uang tunai $ 144 juta lebih banyak daripada operasi Trump, yang memungkinkannya menimpa Partai Republik dalam banyaknya iklan televisi di hampir setiap negara bagian medan pertempuran utama.

Uang bukanlah segalanya, tentu saja. 

Empat tahun lalu, kampanye Clinton memiliki keunggulan moneter yang cukup besar atas Trump.

Tetapi pada tahun 2020, ketika kampanye tatap muka dibatasi oleh virus corona dan orang Amerika di seluruh negeri menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengonsumsi media di rumah mereka, keuntungan tunai Biden memungkinkan dia menjangkau pemilih dan menyebarkan pesannya sampai akhir.

Uang memberikan opsi dan inisiatif kampanye - dan Biden memanfaatkan keuntungannya dengan baik.

7 dari 7 halaman

Peta Pemilu AS 2020 Versi VOA:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.