Sukses

Turki Diguncang Gempa, Militer Israel Kirim Bantuan

Liputan6.com, Izmir - Wilayah Izmir di Turki diguncang gempa magnitudo 7,0. Gempa itu meruntuhkan sejumlah bangunan dan menimbulkan tsunami kecil. 

Anadolu melaporkan sudah ada 6 orang yang meninggal dunia dan 202 meninggal dunia. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah memerintahkan agar kementerian dan lembaga terkait agar bertindak.

Israel juga sudah bersiap mengirim bantuan ke Turki. Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz berkata Israeli Defense Force (IDF) telah dipersiapkan untuk membantu.

"Saya menginstruksikan IDF untuk menyiapkan bantuan darurat kepada Turki. Perwakilan militer telah bericara dengan atase militer Turki," ujar Benny Gantz via Twitter, Jumat (30/10/2020). 

Gempa di Turki ini terjadi di Izmir yang lokasinya cukup jauh dari Istanbul. Getaran terasa hingga Istabul, namun tak dilaporkan ada korban.  

2 dari 3 halaman

Gempa di Turki Terasa Sampai Istanbul dan Yunani

Gempa berkekuatan magnitudo 7,0 menggunang daerah provinsi Izmir di Turki. Gempa terjadi pukul 14.51 waktu setempat dan mengakibatkan tsunami kecil. 

Gempa di Izmir turut terasa di Pulau Samos, Yunani. Tsunami kecil juga terjadi di pulau tersebut.

United States Geological Survey berkata gempanya berada di kedalaman 10 kilomter, namun otoritas Tutrki berkata 16 kilometer. Gempa juga terasa hingga ibu kota Turki dan Yunani. 

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya menyebut ada getaran di wilayahnya namun tidak ada laporan kerusakan.

Otoritas penanggulangan bencana di Turki menyebut gempa terjadi pada pukul 14:51 siang waktu setempat.

Menteri Dalam Negeri Suleyman Soylu berkata ada laporan bangunan rusak di daerah Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin, dan Mugla.

Gubernur Izmir Yavuz Selim menyebut sudah ada 70 orang yang diselamatkan.

Bantuan sebesar 3 juta lira telah dikirim ke wilayah tersebut.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: