Sukses

Ternyata Ini Alasan Mengapa Ide Cemerlang Muncul Saat Berada di Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda pernah mengalami momen paling cemerlang saat mandi, Anda tidak sendirian. 

Bahkan, banyak orang mengakui bahwa mereka mendapat ide-ide paling brilian ketika sedang berada di kamar mandi.

Mengutip laman Bright Side, Selasa (13/10/2020), rupanya ada sejumlah alasan mengapa ide cemerlang justru muncul ketika sedang berada di kamar mandi. Berikut adalah beberapa alasannya:

1. Ide terbaik datang saat Anda tidak berpikir

Ide yang paling signifikan dan mengubah hidup mungkin datang dari apa yang disebut "momen mandi" dan rupanya ada ilmu sains yang mengonfirmasinya.

Sekelompok peneliti memberikan distraksi pikiran kepada mahasiswa dan meminta mereka untuk melaporkan apakah mereka mendapatkan jawaban dengan memikirkan solusi langkah demi langkah, atau jika jawabannya datang begitu saja kepada mereka.

Ternyata, mereka yang memecahkan masalah dengan benar bukanlah orang-orang yang mencoba menyelesaikannya selangkah demi selangkah. Mandi membuat ide Anda mengalir dan kemungkinan besar Anda akan menemukan solusi kreatif.

2. Tingkat dopamin Anda meningkat

Mandi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan dopamin - neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk motivasi dan fokus. Ini penting untuk memori dan fungsi otak Anda dan bahkan mengatur gerakan tubuh Anda. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan dopamin hingga 250%.

3. Anda sedang merasa santai

Saat kita santai, kita cenderung mengalihkan perhatian kita ke dalam dan menghasilkan ide-ide yang berwawasan. Mandi dapat mengurangi stres dan kecemasan, menenangkan Anda dan membantu mengembangkan ide.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Kreativitas

4. Jadi lebih kreatif

Meskipun fokus yang intens menjadi hal penting dalam pekerjaan, pengalih perhatian seperti ketika sedang berada di dalam kamar mandi dapat "menyegarkan" otak Anda dan membantu imajinasi Anda menjadi liar.

Mandi adalah contoh sempurna bagaimana kita dapat mengalihkan perhatian kita dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Gangguan tertentu dapat membuat otak kita "istirahat" dan membuat kita dapat mengatasi masalah dengan lebih kreatif.

5. Lebih kreatif saat mengantuk

Anda mungkin terbiasa mandi di pagi hari saat masih mengantuk atau larut malam sebelum tidur. Anda mungkin berpikir bahwa ketika Anda lelah, Anda tidak mungkin mendapatkan ide-ide inovatif, tetapi sains membuktikan bahwa kabut otak benar-benar dapat meningkatkan kreativitas Anda.

Para peneliti telah menemukan bahwa kita menggunakan lebih banyak pemikiran kreatif saat kita lelah.