Sukses

Rayakan HUT Partai Buruh, Korea Utara Akan Pamerkan Senjata Baru?

Pengamat Korea di seluruh dunia dibuat penasaran dengan "senjata strategis baru" yang dijanjikan Kim Jong-un akan diungkapkan pada 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Tentara di Korea Utara diprediksi akan menggelar parade militer besar-besaran untuk merayakan berdirinya Partai Buruh yang berkuasa pada Sabtu, 10 Oktober 2020. Sementara pengamat Korea di seluruh dunia dibuat penasaran dengan "senjata strategis baru" yang dijanjikan Kim Jong-un akan diungkapkan pada 2020.

Menurut 38 North, sebuah wadah pemikir yang berbasis di AS, tempat menonton VIP di alun-alun utama Pyongyang sekarang sudah siap. Seperti konstruksi bagian luar rumah sakit utama tampaknya telah selesai, sementara gambar satelit yang diambil awal pekan ini menunjukkan pasukan seolah-olah telah menyiapkannya dan berlatih untuk pawai.

Ribuan orang juga terlihat di gambar satelit pada pertengahan September lalu tengah berkumpul dalam formasi di alun-alun utama Pyongyang, demikian dikutip dari laman Al Jazeera.

Acara 10 Oktober menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Pekerja dan merupakan salah satu hari libur terpenting di negara itu.

Namun terlepas dari kemegahan dan upacara yang dilaporkan, para analis mengatakan bahwa Korea Utara hanya memiliki sedikit hal untuk dirayakan tahun ini.

Negara itu dikepung oleh krisis: ekonominya yang sudah tertekuk di bawah tekanan sanksi internasional, terpukul lebih dalam ketika Korea Utara memutuskan untuk menutup perbatasan dengan China, mitra dagang utamanya pada Januari 2020, dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona.

Selain itu, kehancuran di kawasan utara akibat topan dan banjir parah yang menurut laporan resmi telah menyebabkan ribuan rumah rusak dan menimbulkan kekhawatiran akan memburuknya kerawanan pangan.

"Korea Utara sedang menghadapi situasi domestik yang sangat rumit dan rapuh," kata Sue Mi Terry, rekan senior untuk Korea di Pusat Kajian Strategis dan Internasional (CSIS) yang berbasis di AS.

"Itulah mengapa sangat penting untuk menunjukkan kekuatan dan pembangkangan, di dalam negeri dan internasional. Mereka tidak ingin terlihat lemah atau rentan."

Dia menambahkan: "Dan secara historis, mereka telah menggunakan acara seperti Hari Pendirian Partai untuk menampilkan sistem senjata baru. Untuk alasan ini, kami berharap melihat senjata strategis baru. "

Simak video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Senjata Apa?

Senjata apa itu dan apakah Korea Utara akan menguji peluncurannya? Sekarang menjadi bahan perdebatan sengit di antara pengamat internasional.

Beberapa, termasuk para ahli di CSIS, mengatakan senjata itu bisa menjadi Submarine Launched Ballistic Missile (SLBM) dan memprediksi Korea Utara akan menguji senjata bawah air, menunjuk ke gambar satelit yang menunjukkan kesibukan di Galangan Kapal Selatan Sinpo, tempat di mana mereka mengembangkan kapal selam.

Klaim tersebut mendapat lebih banyak perhatian, ketika Won In-choul, ketua Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah memperbaiki kerusakan akibat topan di galangan kapal dan mengatakan ada kemungkinan mereka dapat melakukan tes SLBM setelah perbaikan selesai.

"Kami memantau perkembangan, karena ada kemungkinan uji coba rudal balistik yang diluncurkan oleh kapal selam akan dilakukan di sana menggunakan peralatan ejeksi segera setelah perbaikan selesai," kata Won kepada legislator Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.