Sukses

Debat Cawapres AS Mike Pence Vs Kamala Harris Dibuka dengan Topik COVID-19

Debat Cawapres AS Mike Pence Vs Kamala Harris membahas COVID-19.

Liputan6.com, Utah - Debat cawapres Amerika Serikat dimulai antara Wapres Mike Pence dari Partai Republik dan Senator Kamala Harris dari Partai Demokrat. Keduanya berdebat sambil duduk di Universitas Utah.  

Topik pertama yang dibahas adalah COVID-19. Senator Kamala Harris mengungkit ada lebih dari 200 ribu kematian di AS. 

Kamala Harris juga berkata Trump pernah menyebut penyakit ini sebagai hoaks dan menutupi pandemi ini agar masyarakat tak panik. 

"Presiden berkata (COVID-19) adalah hoaks," ujar pasangan Joe Biden itu, Rabu (8/10/2020). "Meski demikian, hari ini mereka tetap tak punya rencana. Joe Biden punya." 

Ucapan Kamala Harris dibantah Mike Pence yang berkata rencana Joe Biden mirip-mirip dengan program yang sudah dilakukan pemerintah Trump seperti terkait perlengkapan perlindungan dan vaksin. 

"(Rencana Joe Biden) sedikit terlihat seperti plagiarisme," sindir Mike Pence. 

Kamala membalas dengan berkata rencana Trump tidak berhasil, namun Mike Pence membalas bahwa ucapan tersebut tak menghormati warga Amerika Serikat yang telah berjuang selama pandemi COVID-19. 

Perdebatan antara Mike Pence dan Kamala Harris sejauh ini masih kondusif dengan sedikit interupsi.  Ini berbeda dari debat capres pertama antara Donald Trump dan Joe Biden.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.