Sukses

Seberapa Tajir Donald Trump? Ini Daftar Kekayaannya

Presiden AS Donald Trump dicitrakan sebagai seorang triliuner. Namun sebenarnya seberapa kaya Donald Trump?

Liputan6.com, Washington D.C. - Seberapa kaya Presiden Amerika Serikat Donald Trump? Beberapa pertanyaan akan mudah dijawab dengan melakukan sedikit riset, baik melalui buku atau Internet.

Sedangkan, beberapa pertanyaan lain harus melibatkan penggunaan pengetahuan umum dan mungkin beberapa wawancara yang dilakukan secara langsung.

Tidak mudah untuk menanyakan tentang kekayaan pribadinya, walau pun ada banyak perkiraan tentang informasi kekayaan Donald Trump di Internet. Tetapi hingga saat ini, tidak ada jawaban yang pasti tentang kekayaan dia yang sebenarnya.

Dikutip dari WorldAtlas, Rabu (7/10/2020), pada 1 Maret 2020, Forbes memperkirakan kekayaan Donald Trump sekitar $ 3,1 miliar.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangunan dan Properti Lainnya

Trump memilikki real estate bernilai miliaran di New York dan diperkirakan mencapai sekitar $ 1,5 miliar (Rp 22 triliun). Di negara bagian ini, propertinya termasuk 1290 Avenue of the Americas, 40 Wall Street, Trump Tower, 6 E. 57th Street (sebelumnya dikenal sebagai Niketown), Trump Park Avenue, Trump Park East, Trump Plaza, Trump World Tower dan Trump International Hotel & Trump New York.

Selain memiliki real estate, Trump juga memiliki properti di San Francisco, Las Vegas, Washington D.C., Charlottesville, California dan Chicago.

Salah satunya adalah kilang anggur, beberapa di antaranya masih berupa tanah kosong kosong dan hotel serta gedung tinggi lainnya. Properti ini diperkirakan bernilai sekitar $ 660 juta (Rp 9,7 triliun).

Namun, Trump tidak berhenti hanya pada kepemilikan banyak bangunan dan tanah. Dia juga memiliki banyak lapangan golf dan klub, bernilai sekitar $ 590 juta (Rp 8,6 triliun). Destinasi ini termasuk Mar-a-Lago yang terkenal di Palm Beach, lapangan golf AS, Trump National Doral di Miami dan lapangan golf di Skotlandia dan Irlandia.

3 dari 4 halaman

Citra dan Aset Pribadi

Bisnis merek Trump, termasuk Manajemen Hotel Trump dan Bisnis Perizinan dan Lisensi Produk Trump dikatakan bernilai sekitar $ 80 juta (Rp 1,1 triliun). 

Uang tunai dan aset pribadinya yang produktif diperkirakan bernilai sekitar $ 310 juta (Rp 4,5 triliun). Ini termasuk aset cair, penthouse Trump di Trump Tower, pesawat pribadinya dan banyak rumah termasuk tempat tinggal di Palm Beach, Bedford, New York, St. Marti dan Virginia.

Dikutip dari WorldAtlas, Trump lebih suka merahasiakan kekayaannya. Sudah diketahui umum bahwa Trump menolak untuk melepaskan pengembalian pajaknya setelah menjadi presiden.

Presiden tidak diwajibkan oleh undang-undang untuk merilis SPT mereka kepada publik, tetapi mereka sering melakukannya, atas nama transparansi. Setiap presiden yang duduk antara tahun 1974 dan 2012 merilis pajak mereka kepada publik secara sukarela saat menjabat, kecuali untuk Gerald Ford. 

Diperkirakan Trump memperoleh sekitar $ 434 juta (Rp 6,4 triliun) pada 2018. Presiden AS saat ini mendapatkan gaji sekitar $ 400.000 (Rp 5,9 miliar) setiap tahun.

 

Reporter: Ruben Irwandi

4 dari 4 halaman

Infografis Donald Trump Jadi Klaster Super Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.