Sukses

Top 3: Komentar Rasis dan Seksis Netizen Indonesia di Instagram Vanuatu Jadi Sorotan

Berita tentang netizen Indonesia yang berkomentar rasis dan seksis saat menyerang Instagram Vanuatu menjadi sorotan di Top 3 kanal Global Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta- Netizen Indonesia dilaporkan memberikan komentar rasis dan seksis saat menyerang laman Instagram Vanuatu.

Berita tentang komentar rasis dan seksis oleh netizen Indonesia di laman Instagram Vanuatu tersebut menjadi berita terpopuler di kanal Global Liputan6.com, Rabu (30/9/2020).

Berita populer lainnya membahas Vanuatu, negara yang dibungkam Diplomat RI saat mengomentari isu Papua. 

Negara tersebut kini tengah menjadi perbincangan yang viral di media sosial, karena dikritik perwakilan Indonesia di PBB, menurut berita itu.

Adapun berita yang paling disorot lainnya, yaitu 4 fakta sosok Silvany Austin Pasaribu, diplomat RI pembungkam Vanuatu soal Papua. 

Berikut ini artikel terpopuler kanal Global dalam Top 3 Global Liputan6.com:

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Serang Instagram Vanuatu, Netizen Indonesia Berkomentar Rasis dan Seksis

Netizen Indonesia ramai-ramai menyerang Instagram Vanuatu (@vanuatuislands). Serangannya pun tidak dalam bentuk argumentasi, melainkan komentar rasis, seksis, cabul, menghina budaya, dan kemiskinan di negara pasifik tersebut. 

Masalah bermula dari komentar Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman di Sidang Umum PBB ke-75. Dalam pidatonya, ia meminta Indonesia agar mengizinkan Komisaris HAM PBB untuk masuk provinsi Papua Barat. 

Perwakilan Indonesia di PBB lantas membalas Vanuatu dengan menyebut negara itu punya obsesi tak sehat (unhealthy obssession), tidak tahu apa-apa (ignorant), memalukan (shameful), ikut campur negara lain, serta menyindir pihak yang berlagak mendukung HAM (artificial human rights concerns).

Baca selengkapnya..

3 dari 4 halaman

2. Mengenal Vanuatu, Negara yang Dibungkam Diplomat RI Saat Komentari Isu Papua

Vanuatu sedang menjadi perbincangan yang viral di media sosial karena dikritik perwakilan Indonesia di PBB. Penyebabnya adalah Vanuatu meminta agar Indonesia memberi izin Komisaris HAM PBB untuk masuk ke Papua Barat. 

Saat itu, Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman menyebut ada pelanggaran HAM di Papua Barat. Ia juga mengkritik dunia internasional karena pilih-pilih dalam membahas pelanggaran HAM.

"Ada pelanggaran HAM berat terjadi di sekitar kita, tetapi sepertinya dunia mengambil pendekatan yang tebang pilih," ujar PM Vanuatu Bob Loughman dalam Sidang Umum PBB ke-75.

Baca selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. 4 Fakta Sosok Silvany Austin Pasaribu, Diplomat RI Pembungkam Vanuatu soal Papua

Aksi Indonesia yang dilakukan oleh diplomat muda Silvany Austin Pasaribu menjegal Vanuatu yang mengomentari isu Papua di sidang PBB mencuri perhatian. Sosok perwakilan RI itu pun menjadi perhatian dunia, tak hanya di Tanah Air.

Republik Vanuatu dengan percaya diri mengungkit masalah Papua dalam sidang PBB. Mendadak sontak, berkat ketegasan dan jawaban tegasnya, sosok Silvany Austin Pasaribu menjadi viral dan perbincangan di media sosial.

Mengutip laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia kemlu.go.id, Selasa (29/9/2020), berikut ini empat fakta sosok Silvany Austin Pasaribu, yang berani membungkam Perdana Menteri Vanuatu Bob Loughman melalui jawaban tegasnya.

Baca selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.