Sukses

PM Jacinda Ardern Diprediksi Bakal Dominasi Pemilu Selandia Baru

Dalam pemilu mendatang, PM Jacinda Ardern diperkirakan akan mendominasi pemilu Selandia Baru.

Liputan6.com, Wellington - Sebuah jajak pendapat telah menyatakan bahwa Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern siap untuk mempertahankan kekuasaan pada pemilihan bulan depan.

Melansir Arab News, Senin (28/9/2020), optimisme tersebut tetap terjadi meskipun dikatakan wabah COVID-19 baru-baru ini telah sedikit mengurangi dukungannya.

Sebuah jajak pendapat penelitian Newshub-Reid yang dirilis pada hari Minggu menunjukkan dukungan untuk Partai Buruh Ardern menjadi 50,1 persen, meskipun ini turun dari rekor 60,9 persen yang tercatat awal tahun ini ketika Selandia Baru secara luas dipuji sebagai pemimpin dunia dalam memerangi COVID-19.

Dukungan untuk oposisi utama Partai Nasional berada di 29,6 persen, naik 4,5 poin persentase.

Jika temuan jajak pendapat terwujud, Ardern akan memerintah tanpa bergantung pada mitra koalisi mana pun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemimpin Termuda

Ardern menjadi pemimpin termuda negara itu dalam lebih dari 150 tahun sejak tahun 2017.

Ia berkuasa sejak Partai Pertama Selandia Baru yang merupakan raja nasionalis setuju untuk membentuk pemerintahan dengan Partai Buruhnya, mengakhiri dekade kekuasaan Partai Nasional.

Ardern, yang kini baru berusia 40 tahun juga memiliki daya tarik global yang besar karena tanggapannya terhadap serangan yang terjadi tahun lalu oleh seorang supremasi kulit putih di dua masjid, letusan gunung berapi yang fatal, dan keberhasilannya dengan wabah COVID-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.