Sukses

5 Tips Bersihkan Sepatu Putih Hanya dengan Bahan Sederhana di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sepatu putih merupakan salah satu jenis alas kaki yang hampir dimiliki semua orang. Sayangnya, karena sangat mudah kotor, bahkan jika Anda merawatnya dengan baik, kebanyakan dari kita akhirnya hanya menyimpannya di lemari.

Itulah mengapa kita harus menggunakan berbagai teknik yang mudah dan efektif untuk kembali memutihkannya.

Setiap dari Anda tentu ingin membuat sepatu Anda kembali terlihat putih cerah, seperti saat pertama kali Anda membelinya.

Mengutip Bright Side, Jumat (25/9/2020), berikut adalah 5 tips membersihkan sepatu putih menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah Anda:

2 dari 7 halaman

1. Soda Kue dan Cuka

Untuk membuat sepatu kesayangan Anda kembali tampak putih mengkilap, Anda tidak perlu membeli produk mahal yang seringkali sulit ditemukan. 

Hanya dengan menggunakan soda kue, cuka putih, dan air panas, Anda dapat menghilangkan sebagian besar noda hitam yang muncul di kain sepatu Anda setelah beberapa bulan digunakan.

Mulailah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka putih, dengan satu sendok makan soda kue, dan satu sendok makan air panas dalam mangkuk. Anda akan mendapatkan semacam  pasta yang harus Anda aplikasikan pada sepatu kets menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Gosok sol dan kain dengan lembut. Biarkan pasta meresap setidaknya selama 3 atau 4 jam di bawah sinar matahari, lalu buang sisa pasta soda kue dengan menepukkan kedua sepatu.

Cara ini tidak hanya akan “memutihkan” sepatu Anda secara efektif, tetapi juga merupakan solusi yang baik untuk menghilangkan bau tak sedap yang dihasilkan oleh bakteri yang dapat menumpuk di dalam sepatu.

3 dari 7 halaman

2. Garam dan Susu

Ketika sepatu putih mulai menjadi agak kekuningan, sudah saatnya untuk membersihkannya secara menyeluruh untuk melihat apakah kita dapat mengembalikan warna seperti semula. 

Anda hanya perlu mencampur setengah cangkir garam kasar dengan 1 liter susu di dalam mangkuk besar.

Anda harus merendam sneakers dalam campuran pemutih ini minimal selama 3 jam agar efeknya sesuai dengan yang diinginkan. 

Setelah itu, Anda bisa menggosoknya dengan sikat untuk menghilangkan noda yang masih menempel. Kemudian, bilas dengan air sabun yang banyak dan biarkan mengering di udara terbuka. Hati-hati jangan sampai meninggalkan bekas susu di sepatu Anda setelahnya. 

4 dari 7 halaman

3. Pasta Gigi

Beberapa jenis sepatu yang bahannya halus memerlukan metode pembersihan dan pemutihan yang tidak terlalu agresif dibandingkan yang lain. Metode khusus ini berguna saat Anda juga sedang terburu-buru.

Trik yang baik untuk mengembalikan warna putih asli pada sepatu jenis ini adalah dengan menggunakan pasta gigi pemutih. 

Dengan menggunakan sikat gigi bekas, gosok permukaan sepatu yang terkena noda hingga warnanya kembali putih. Jangan lupa untuk membersihkan kotoran yang terdapat di pinggiran sol. Biarkan pasta gigi tersebut bertahan selama sekitar 15 menit.

Kemudian hapus pasta gigi tersebut. Anda hanya membutuhkan kain lembab atau spons bersih untuk menghapus pasta dan mendapatkan hasil yang luar biasa.

5 dari 7 halaman

4. Soda Kue dan Deterjen

Untuk membersihkan sepatu putih secara menyeluruh, pertama Anda harus melepas tali sepatu dan merendamnya dalam air sebelum mengoleskan campuran yang akan Anda gunakan untuk memutihkan kain.

Mulailah dengan menuangkan air secukupnya untuk merendam sepatu dan tali hingga seluruhnya terendam air hangat. Bagian terakhir ini sangat penting. Air hangat bisa membuat noda semakin sulit dihilangkan dari kain.

Saat kain basah, campurkan soda kue dan deterjen ke dalam mangkuk, sehingga Anda mendapatkan larutan yang mengandung 50% dari setiap bahan. Dengan menggunakan sikat atau sikat gigi bekas, gosokkan campuran tersebut pada sepatu. Gosok lebih lama untuk bagian yang lebih kotor.

Untuk menghilangkan campuran sabun yang Anda gunakan untuk membersihkan sepatu kets, Anda cukup membilasnya, merendamnya kembali dalam air, atau bahkan menggunakan spons lalu mengeringkannya menggunakan kain mikrofiber.

6 dari 7 halaman

5. Jeruk Lemon

Perasan air lemon terkenal dengan khasiatnya untuk menghilangkan noda dan bau tak sedap di rumah. Ini juga merupakan pilihan yang baik untuk digunakan memutihkan sepatu yang telah berubah warna menjadi coklat oleh noda kotoran.

Untuk melakukan ini, Anda hanya perlu memotong lemon atau jeruk nipis menjadi dua. Campur 3 bagian air, untuk satu bagian air jeruk nipis atau lemon. Cukup gosok campuran tersebut untuk menghilangkan noda gelap. Anda mungkin perlu menggosok dengan kuat pada bagian yang sangat ternoda, yang menempel pada kain.

Bilas sepatu dengan air untuk menghilangkan kotoran dan lemon yang berlebih. Biarkan mengering untuk melihat efek pemutihannya.

7 dari 7 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: