Sukses

Coba 6 Cara Aman Ini Saat Anda Diikuti Orang Tak Dikenal

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, mendapatkan pengikut adalah hal yang baik, tetapi hanya jika mereka tetap berada dalam jangkauan media sosial.

Statistik mengatakan bahwa 16 persen wanita pernah mengalami penguntitan dari orang tak dikenal. Dan jika Anda merasa seperti seseorang sedang membuntuti Anda, selalu baik untuk mengetahui cara mengantisipasi dalam situasi yang aman.

Bright Side yang dikutip Jumat (25/9/2020) menganjurkan keselamatan, jadi mengumpulkan beberapa kiat berguna untuk membantu Anda menghindari konsekuensi buruk jika Anda diikuti oleh orang tak dikenal.

Berikut cara yang tepat dilakukan jika Anda diikuti oleh orang tak dikenal:

 

2 dari 4 halaman

1. Waspadai lingkungan Anda

Perhatikan setiap detail, termasuk nama jalan, nomor rumah, gedung, toko, dan kafe yang ada di sekitar. Mengetahui lokasi tepat Anda akan membantu Anda memperoleh bantuan yang diperlukan.

Hindari jalur sempit dan remang-remang, seperti gang dan koridor, di mana hanya ada satu atau dua jalan keluar.

2. Panggil bantuan

Gunakan ponsel Anda untuk menelepon teman atau anggota keluarga yang mungkin ada di dekat Anda. Beri tahu mereka lokasi Anda dan minta mereka untuk menjemput Anda.

Lebih baik mengatur pertemuan di ruang publik, seperti kedai kopi atau toko. Jika Anda tidak memiliki ponsel atau ponsel Anda mati, pergilah ke tempat mana pun, beri tahu mereka bahwa Anda sedang diikuti, dan minta untuk menggunakan ponsel mereka.

 

3 dari 4 halaman

3. Pergi ke tempat keramaian

Lebih mudah kehilangan pengejar di antara kerumunan dan mereka cenderung lebih ragu-ragu untuk bergerak di depan orang lain.

Jika sebelumnya Anda berjalan menjauh dari jalan utama yang sibuk, bersikaplah seolah-olah Anda tiba-tiba lupa sesuatu: periksa saku Anda dan ubah arah.

4. Jangan langsung ke rumah Anda

Anda mungkin terpojok saat mencoba masuk ke rumah Anda. Selain itu, penguntit akan mengetahui di mana Anda tinggal dan mungkin menunggu Anda meninggalkan rumah atau kembali lagi nanti.

 

4 dari 4 halaman

5. Sering-seringlah berhenti di tempat-tempat yang tidak terduga

Seberangi jalan untuk membeli kopi. Kunjungi teman di tempat kerja. Pergi berbelanja di mal. Buat rute Anda serumit mungkin.

Hal ini secara bersamaan akan membuat lebih sulit untuk melacak Anda dan bahkan mungkin membuat penguntit bosan untuk berhenti mengejar mereka.

6. Gunakan setiap kesempatan untuk mempelajari penampilan pengejar Anda

Cobalah untuk mempelajari orang yang mengejar Anda sambil berusaha untuk tetap tidak diperhatikan. Jangan langsung melihat ke belakang.

Perhatikan melalui jendela dan cermin mobil, bergiliran, dan lihat sekeliling saat menyeberang jalan. Jika Anda memutuskan untuk melaporkan kejadian tersebut, mengetahui penampilan penguntit akan sangat membantu.