Sukses

Coba 8 Perawatan Rumahan Ini untuk Redakan Gatal

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi rasa gatal sebelum pergi ke dokter kulit.

Liputan6.com, Jakarta Menurut National Eczema Association (NEA), orang yang kerap mengalami gatal-gatal ini mengalami kesulitan tidur. Hal ini dapat mengakibatkan mereka dapat mengalami depresi dan kecemasan.

Tak hanya itu, menggaruk akibat gatal-gatal dapat melukai kulit. 

Penyebab umum kulit gatal antara lain gigitan serangga, alergi, stres, dan kondisi kulit, seperti eksim dan psoriasis.

Berikut ini delapan perawatan di rumah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati gatal, dikutip dari Medical News Today, Sabtu (29/8/2020):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Gunakan Mentol

Unuk mengurangi rasa gatal seseorang dapat menggunakan mentol. Karena hal ini dapat mendinginkan dan mengurangi rasa gatal.

Pada sebuah studi di tahun 2012, ada investigasi mengenai minyak peppermint memiliki kandungan mentol yang dapat mengurangi gatal pada ibu hamil 

Peneliti membagi partisipan menjadi dua kelompok. Satu kelompok menerima sebotol minyak wijen yang diresapi dengan konsentrasi minyak peppermint 0,5 persen. Kelompok lainnya menerima botol berisi kombinasi wijen dan minyak zaitun.

Peserta mengoleskan minyak ke area kulit yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu. Mereka yang menggunakan minyak infus peppermint melaporkan penurunan tingkat keparahan gatal yang signifikan dibandingkan dengan mereka yang menggunakan produk lain.

Selalu campurkan minyak esensial dalam minyak pembawa sebelum mengoleskannya ke kulit.

3 dari 10 halaman

2. Gunakan Es Batu

American Academy of Dermatology mengatakan bahwa cara yang paling cepat untuk mengurangi rasa gatal adalah menggunakan es batu.

Pilihan lainnya adalah menyimpan krim dan losion pelembab di lemari es. Ini akan memastikan mereka memiliki efek pendinginan langsung saat seseorang mengaplikasikannya ke kulit.

Karena hal dingin dapat mengurangi rasa gatal di kulit.

4 dari 10 halaman

3. Kain Basah

Anda juga dapat mengurangi rasa gatal dengan handuk yang basah. Terutama dengan kasa yang basah lalu diletakan di kulit yang gatal.

Balutan ini merehidrasi dan menenangkan kulit sekaligus memberikan pelindung fisik yang melindungi dari goresan. Perawatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak.

Menggunakan handuk basah ini  juga dapat membantu kulit menyerap obat-obatan, seperti steroid topikal. Sebelum mengaplikasikan pembungkus, gosok atau tepuk obat dengan lembut di area tersebut, dan ikuti dengan lapisan pelembab yang banyak.

National Environment Agency (NEA) menyarankan langkah-langkah berikut untuk mengaplikasikan handuk basah pada kulit: 

  • Basahi sebagian kain kasa dengan air hangat sampai menjadi lembap.
  • Bungkus kain kasa di sekitar area kulit yang gatal.
  • Bungkus kain kasa kering di atas kain yang lembap.
  • Kenakan piyama katun yang lembut dengan hati-hati, berhati-hatilah agar tidak mengganggu perban.
  • Biarkan perban selama beberapa jam atau semalaman.

Seseorang dapat menggunakan handuk atau kasa yang basah selama beberapa hari untuk mengendalikan rasa gatal yang kambuh. Jika rasa gatal tidak mereda, sebaiknya bicarakan dengan dokter kulit untuk pengobatan alternatif lebih lanjut. 

5 dari 10 halaman

4. Oatmeal Koloid

Oatmeal koloid adalah oatmeal yang biasa digunakan dalam lotion maupun untuk mandi, dilansir dari Healthline. Secara khusus, itu adalah oatmeal yang telah digiling halus atau dipotong dan diletakkan dalam cairan.

Oatmeal Koloid ini juga dapat menjadi alternatif obat gatal dan dicampur dengan air. Solusi yang dihasilkan membentuk penghalang pelindung pada permukaan kulit, yang membantu menyegel kelembapan.

Oatmeal koloid dapat membantu meredakan kekeringan dan gatal-gatal.

Oatmeal koloid juga diketahui memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang keduanya membantu mengurangi iritasi kulit.

Sebuah penelitian kecil dari tahun 2015 menemukan bahwa oatmeal koloid mengurangi penskalaan, kekeringan, kekasaran, dan intensitas gatal pada wanita sehat dengan rasa gatal ringan hingga sedang.

Oatmeal koloid banyak tersedia dalam bentuk krim dan losion. Sebagai alternatif, seseorang dapat menambahkan bubuk halus langsung ke air mandi.

6 dari 10 halaman

5. Cuka Apel

Cuka apel juga dapat digunakan. Karena ini suga digunakan selama ribuan tahun sebagai disinfektan atau antiseptik. 

Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), cuka apel ini bisa digunakan ketika kulit kepala gatal.

NPF merekomendasikan mengencerkan cuka dalam air menggunakan rasio 1 banding 1. Oleskan larutan ke kulit kepala dan biarkan mengering sebelum dibilas dengan lembut dengan air hangat.

Cuka bisa menyebabkan sensasi terbakar pada luka terbuka. Orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah harus menghindari perawatan ini.

 

7 dari 10 halaman

6. Pelembab

Pelembap, seperti krim dan losion, dapat membantu melembabkan lapisan kulit luar. Mereka sangat penting menjaga kulit dari gatal dan kekeringan.

Pelembab yang bagus akan mengandung humektan dan emolien. Humektan menarik air ke dalam kulit, sementara emolien membentuk lapisan pelindung di atas permukaan kulit, yang membantu kelembapan tidak bocor.

Pelembab paling baik digunakan segera setelah mandi atau mandi, saat kulit masih sedikit lembap.

NEA memberikan tip berikut untuk mengembangkan rutinitas pelembab yang baik:

gunakan pelembab dengan kandungan minyak yang tinggimelembabkan tangan setiap kali terkena airmelembabkan sebelum tidur untuk membantu kulit tetap terhidrasi sepanjang malam

8 dari 10 halaman

7. Soda Kue

Soda kue memiliki khasiat anti jamur, dan penelitian membuktikan bahwa ini adalah pengobatan yang efektif untuk berbagai kondisi kulit jamur yang dapat memberikan rasa gatal-gatal. 

National Environment Agency (NEA) merekomendasikan untuk menambahkan seperempat cangkir soda kue ke dalam bak mandi air hangat. Pilihan alternatif adalah mencampur soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta, yang dapat dioleskan langsung ke area yang gatal.

9 dari 10 halaman

8. Menghindari Iritan

Menurut American Academy of Dermatology, orang-orang dapat menghindari hal-hal yang dapat membuat iritasi kulit seperti:

Air panas

Mandi dengan panas dapat menghilangkan kelembapan kulit. Hal ini membuat kulit rentan dengan kekeringan mandi dengan air panas. Kemerahan, dan gatal-gatal pada kulit dapat terjadi. 

Mengurangi suhu air meski hanya beberapa derajat dapat membantu.

Perubahan suhu dan cuaca

Perubahan suhu dan cuaca yang ekstrim dapat mengeringkan kulit, menyebabkan pengelupasan dan gatal-gatal.

Humidifier dapat membantu menjaga kelembapan dalam ruangan di bulan-bulan musim panas yang kering. Ini juga dapat membantu menangkal efek pengeringan dari pemanas sentral selama musim dingin.

Produk perawatan kulit dengan pewangi

Beberapa produk perawatan kulit mengandung zat aditif, seperti pewangi dan pewarna buatan, yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Orang dengan kulit gatal atau sensitif sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang bebas pewangi dan bebas pewarna.

Wol dan serat sintetis

Pakaian yang terbuat dari wol atau serat sintetis dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit, terutama orang-orang yang memiliki kepekaan lebih dari orang lain.

Orang dengan kulit gatal dapat memilih untuk mengenakan pakaian katun yang longgar jika memungkinkan. Kapas memungkinkan kulit bernapas dan mencegah panas berlebih.

Tekanan hidup atau stress

Studi menunjukkan bahwa stres psikologis bisa memicu rasa gatal. Orang yang mengalami peningkatan rasa gatal pada saat stres dapat memperoleh manfaat dari mencoba teknik pengurangan stres tertentu, seperti yoga dan meditasi kesadaran.

10 dari 10 halaman

Yang Harus Dilakukan Ketika Bertemu Dokter Kulit

Orang dapat mengobati banyak kasus gatal di rumah dengan rutinitas pembersihan dan pelembab yang efektif.

 Namun, seseorang harus memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala berikut:

  • gatal yang berlanjut selama lebih dari 2 minggu, atau kambuh secara teratur
  • gatal disertai ruam, benjolan, atau bengkak yang tidak biasa
  • tanda-tanda infeksi, seperti peradangan atau luka menangis
  • gatal yang mempengaruhi seluruh tubuh

Gejala di atas dapat menunjukkan masalah kesehatan mendasar yang memerlukan perhatian medis.

Seorang dokter mungkin juga dapat merekomendasikan krim dan obat untuk meredakan gatal seseorang.

Semua bahan yang tertulis di atas tersedia dalam situs daring. 

Reporter: Yohana Belinda

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.