Sukses

PM Shinzo Abe Kerap Kunjungi RS dalam Beberapa Hari Terakhir, Sakit Apa?

PM Jepang Shinzo Abe baru melakukan kunjungan rumah sakitnya yang kedua dalam beberapa hari terakhir.

Liputan6.com, Tokyo - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi salah satu rumah sakit di Tokyo pada Senin 24 Agustus 2020 untuk kedua kalinya dalam beberapa hari terakhir.

Ini pun memicu kekhawatiran tentang kemampuannya untuk tetap menjabat sebagai pemimpin, karena masalah kesehatan dan kelelahan akibat menangani pandemi virus corona baru.

Mengutip Channel News Asia, Senin (24/8/2020), juru bicara pemerintah Yoshihide Suga mengatakan bahwa PM Abe berada di rumah sakit untuk tindak lanjut pemeriksaan medis seminggu yang lalu ketika pemeriksaannya berlangsung selama tujuh setengah jam.

Kendati demikian, media utama Nippon TV mengatakan Abe dirawat karena penyakit kronis dan bukan untuk melakukan pemeriksaan, mengutip beberapa sumber pemerintah dan partai yang berkuasa yang tidak disebutkan namanya. Ditambahkan bahwa Abe dijadwalkan berangkat ke kantornya pada sore hari.

"Saya diberitahu bahwa dia mendapatkan ujian tambahan setelah ujian minggu lalu," kata Suga, yang juga merupakan kepala sekretaris kabinet dan dipandang sebagai salah satu pesaing utama bagi Abe. 

"Perdana menteri sendiri mengatakan beberapa hari yang lalu bahwa dia ingin kembali bekerja."

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Paling Lama Menjabat

Abe adalah perdana menteri terlama di Jepang.

Ia telah melampaui rekor masa jabatan terlama berturut-turut sebagai perdana menteri yang sekarang berusia setengah abad dan ditetapkan oleh paman buyutnya Eisaku Sato.

Pencapaian itu menambah spekulasi bahwa Abe bisa mundur setelah mencapai tonggak sejarah tersebut.

Menjabat sejak 2012 dalam masa jabatan keduanya sebagai perdana menteri, Abe mengundurkan diri dari masa jabatan pertamanya pada tahun 2007 karena berjuang melawan kolitis ulserativa, yang kini ia kendalikan dengan obat-obatan yang sebelumnya tidak tersedia.

Kantor perdana menteri tidak memberikan penjelasan rinci tentang kunjungannya ke rumah sakit, tetapi pembantu dekat Menteri Kesehatan Katsunobu Kato mengatakan kunjungan pekan lalu adalah pemeriksaan rutin dan dia "sama sekali tidak" mengkhawatirkan kesehatan Abe.

Abe telah mengalami penurunan dalam jajak pendapat publik ke salah satu level terendah sejak dia mengambil alih kekuasaan karena apa yang dilihat responden sebagai penanganannya yang sembarangan terhadap virus corona dan serangkaian skandal.

Media Jepang telah berspekulasi tentang kesehatan Abe bulan ini, termasuk laporan rinci tentang kecepatan berjalannya. Majalah mingguan Flash mengatakan Abe telah muntah darah di kantornya pada 6 Juli. Namun, laporan tersebut dibantah oleh pejabat pemerintah.

Abe mendapat pemeriksaan rutin dua kali setahun, dengan yang terakhir pada 13 Juni, kantor berita Kyodo mengatakan, menambahkan bahwa kunjungan minggu lalu adalah tindak lanjut dari pemeriksaan bulan Juni, mengutip sumber rumah sakit.

Jika Abe dilumpuhkan dari jabatannya, Wakil Perdana Menteri Taro Aso, yang merangkap sebagai menteri keuangan, akan mengambil alih sementara sebagai penjabat perdana menteri.

Jika Abe mengatakan dia telah memutuskan untuk mengundurkan diri, dia akan tetap tinggal sampai secara resmi diganti, yang membutuhkan pemilihan presiden Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, diikuti oleh pemilihan resmi pemenang di parlemen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.