Sukses

PM Trudeau Tunjuk Wakilnya Jadi Wanita Pertama Jabat Menteri Keuangan Kanada

Wakil Perdana Menteri Kanada ditunjuk sebagai menteri keuangan oleh Justin Trudeau. Mantan jurnalis dan menteri luar negeri itu menjadi wanita pertama yang memegang jabatan itu.

Liputan6.com, Ottawa - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau akan menunjuk Wakil Perdana Menteri Chrystia Freeland, mantan jurnalis dan sekutu paling tepercaya, untuk menjadi menteri keuangan barunya. Menggantikan posisi Bill Morneau yang mengundurkan diri. 

Melansir laman Channel News Asia, Rabu (19/8/2020), Freeland akan menjadi wanita pertama yang memegang pekerjaan itu. Pengalamannya menegosiasikan kesepakatan perdagangan Amerika Utara yang baru dan hubungannya dengan perdana menteri provinsi membuatnya menjadi pilihan yang baik, kata sumber itu, membenarkan laporan sebelumnya oleh CTV dan Canadian Broadcasting Corp (CBC).

Morneau, seorang multi-jutawan dan mantan eksekutif bisnis, mengadakan konferensi pers dadakan pada Senin malam untuk mengumumkan pengunduran dirinya di tengah perselisihan dengan Trudeau mengenai kebijakan pengeluaran, dan setelah mendapat kecaman karena hubungannya dengan program amal yang disadap untuk menjalankan program hibah siswa.

Freeland, yang dianggap sebagai penerus Trudeau yang paling mungkin sebagai pemimpin Partai Liberal, mempelopori negosiasi pakta perdagangan Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA) sebagai menteri luar negeri Kanada dan menteri perdagangan internasional di kabinet Trudeau sebelumnya.

Kini, ia akan ditugaskan untuk menghidupkan kembali ekonomi yang lumpuh akibat pandemi COVID-19, dengan defisit anggaran tahun fiskal ini diperkirakan mencapai CUS $ 343,2 miliar (US $ 253,4 miliar), yang akan menjadi kekurangan terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

"Freeland tidak memiliki latar belakang bisnis seperti pendahulunya, tetapi dia mengelola arsip kementerian luar negeri dengan sangat baik, termasuk menangani negosiasi ulang perdagangan bebas yang sulit dengan Amerika Serikat," kata Craig Alexander, kepala ekonom Deloitte Kanada.

"Pasar kemungkinan akan mengantisipasi bahwa menteri keuangan yang baru akan bekerja sangat baik dengan perdana menteri," kata Alexander.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Baru

Freeland juga memegang portofolio urusan antar pemerintah, yang sekarang mungkin harus diberikan kepada orang lain.

Trudeau akan menangguhkan sesi parlemen saat ini, dan kemudian membawa legislator kembali pada Oktober untuk menguraikan agendanya, kata sumber pemerintah. 

CBC juga mengatakan kemungkinan akan ada anggaran baru di musim gugur, kata Canadian Broadcasting Corp.

Sebelum terjun ke dunia politik pada 2013, Freeland bekerja dengan beberapa perusahaan media, termasuk Financial Times, Globe and Mail, dan Reuters News.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.