Sukses

Trik Presentasi Ide Anti Gagal untuk Menangkan Hati Audiens

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang memiliki ide-ide brilian tapi tak sedikit pula yang tak mampu menjelaskannya kepada orang lain maupun kolega bisnisnya. Padahal proses memenangkan hati audiens amat menentukan keberhasilan suatu project goal atau tidak.

Sebetulnya proses mengomunikasikan ide tergolong mudah asal Anda mengetahui beberapa cara sederhana dan sedikit latihan untuk mengasahnya. Langkah yang perlu Anda perhatikan antara lain sebagai berikut,

Sampaikan ide dengan lugas tak bertele-tele

Penyampaian ide dengan tutur kata dan kalimat  bertele-tele malah akan menimbulkan miskomunikasi dan mengundang munculnya pertanyaan dari audiens yang melenceng dari jalur pembahasan. Sampaikan ide dalam satu atau dua kalimat untuk menggunggah rasa penasaran audiens untuk menggali lebih jauh.

Sampaikan ide dengan gaya bahasa Anda sendiri

Setelah menunjukkan ide besar saatnya Anda menjabarkan lebih mendalam menggunakan gaya bahasa dan penyampaian ala  Anda sendiri. Buat suasana komunikasi senyaman mungkin, apalagi bila audiens atau kolega terbiasa berkomunikasi dengan Anda. Jangan memaksakan diri meniru cara bicara atau gaya penyampaian tokoh terkenal sebagai acuan presentasi bila dirasa tak nyaman karena hal itu justru akan membelah fokus.

Berikan contoh perbandingan

Selanjutnya untuk membuka bayangan audiens akan ide Anda berikan perbandingan dari hal yang sudah ada, misal Anda ingin menjelaskan ide tentang keuntungan memasarkan produk secara online, maka jelaskan keuntungan dari belanja offline yang pernah dilakukan lalu jelaskan faktor apa saja yang menyebabkan penjualan online akan lebih menguntungkan.

Ilustrasikan data yang Anda miliki

Gunakan gambar, diagram, atau analogi yang berkaitan dengan konsep ide Anda agar penjelasan yang disampaikan semakin mudah dipahami oleh banyak orang. Berdasarkan penelitian 90% otak manusia menerima informasi dalam bentuk visual dan 93% manusia berkomunikasi secara visual. Melalui informasi visual, seseorang akan lebih mudah dan lebih cepat untuk memahami informasi tersebut.

Oleh karena itu sering-seringlah mencatat atau orat-oret visual kapan saja di mana saja. Kalau ingin lebih praktis tanpa melibatkan alat catat dan gambar  konvensional manfaatkan saja kemajuan teknologi, seperti halnya bila menggunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Ingin menuangkan ide secara tiba-tiba dalam bentuk tulis tangan atau sketching darurat? Jangan khawatir, fitur Screen-Off Memo kembali hadir untuk memastikan Anda tidak pernah ketinggalan momen mencatat. Cukup keluarkan S Pen kemudian ketuk layar Galaxy Note20  Ultra Anda dengan menggunakan S Pen untuk langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen dan mencari aplikasi Samsung Notes. Catatan yang dibuat di sini akan secara otomatis disimpan ke dalam Samsung Notes.

Saat bekerja mobile dan dinamis ada saja hal yang memaksa Anda untuk bekerja kapan pun di mana pun untuk melakukan editing pada file PDF. Di Galaxy Note20 Ultra Anda dapat langsung import file PDF tersebut ke dalam Samsung Notes. Anda dengan mudah dapat menandai tulisan, memberikan komentar, dan menaruh gambar cukup dengan memanfaatkan S Pen. Tak hanya itu Anda juga dapat mengonversi catatan atau gambar ke format PDF, PPT (Ms Powerpint), maupun WORD (Ms Word) untuk keperluan presentasi.

Kenyamanan menulis tangan lalu ubah menjadi teks digital

S Pen pada Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki latensi rendah hanya 9 milisecond, itu artinya tiap goresan yang Anda buat bakal terasa layaknya menulis di atas kertas sehingga menambah kenyamanan dalam menulis atau membuat sketsa. Pengalaman menulis tersebut juga ditunjang layar Dynamic AMOLED berukuran 6,9 inch super jenih dengan refresh rate 120Hz. Saat dibutuhkan  tulisan tangan Anda bisa langsung diubah menjadi teks digital (Handwriting to Text) untuk didistribusikan melalui email maupun media sosial, praktis bukan?

Sinkronisasikan catatan dan gambar Anda, presentasi pun siap kapan saja

Seluruh catatan yang sudah Anda buat pun bisa dengan mudah diakses di perangkat berbeda seperti ponsel, tablet, maupun PC/laptop via Samsung Cloud (dengan catatan tiap perangkat terdaftar dengan satu Samsung Account) jadi Anda selalu siap melanjutkan tugas atau presentasi tanpa perlu sibuk memindah-mindahkan data antar perangkat.

Kabar baiknya Samsung memberikan penawaran khusus bagi Anda yang tak sabar ingin segera mencicipi kecanggihan teknologi tersebut dengan membuka Pre Order Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra yang dimulai tanggal 6-19 Agustus 2020.

Setiap pembelian Galaxy Note20 selama periode tersebut Anda akan mendapatkan benefit berupa e-voucher Galaxy Buds+ senilai Rp 2,399,000 dan tiap pembelian Galaxy Note20 Ultra akan mendapatkan e-voucher Galaxy Buds Live senilai Rp 2,599,000. Tunggu apalagi! Ciptakan aktivitas produktif berkesan dengan gawai powerfull di tangan Anda.

Keterangan lebih detail, kunjungi www.galaxylaunchpack.com

 

(*)