Sukses

Eks PM Malaysia Najib Razak Akan Jalani Sidang Vonis Skandal 1MDB

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pengadilan Malaysia akan menjatuhkan vonisnya dalam persidangan korupsi pertama Najib Razak pada Selasa 28 Juli, hampir 16 bulan setelah pengadilan mulai menyelidiki peran mantan perdana menteri dalam skandal 1Malaysia Development Berhad (1MDB) yang bernilai miliaran dolar. 

Mengutip Channel News Asia, Minggu (26/7/2020), Najib dan lingkaran dalamnya dituduh menjarah dana kekayaan negara dalam penipuan mengejutkan yang membentang di seluruh dunia.

Uang tunai yang dicuri diduga digunakan untuk membiayai Hollywood yang melibatkan fiml The Wolf Of Wall Street, dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, dan titan investasi AS Goldman Sachs juga menjadi terlibat dalam skandal itu.

Aksi korupsi tersebut mengambil peran besar para koalisi Najib dalam pemilihan dua tahun lalu, setelah enam dekade berkuasa.

2 dari 3 halaman

Hadapi Tiga Persidangan

Najib saat ini menghadapi tiga persidangan terpisah, terkait 1MDB, dan yang pertama akhirnya mencapai puncaknya minggu ini di Pengadilan Tinggi Kuala Lumpur.

Kasus ini berpusat pada dana sebesar RM42 juta ringgit (US $ 9,9 juta) dari unit sebelumnya 1MDB SRC International ke rekening bank Najib.

Dia membantah melakukan kesalahan terrsebut, dan pengacaranya Muhammad Shafee Abdullah mengatakan sebelum putusan: "Saya merasa baik tentang pertahanan."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: