Sukses

Top 3: Tips Cegah Tertular Virus Corona Lewat Udara Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta - WHO telah memperbarui temuannya terkait penyebaran Virus Corona lewat udara, setelah mendapat laporan dari sejumlah ilmuwan. 

Kendati demikian, berbagai cara masih bisa dilakukan untuk mencegah penyebarannya seperti menjaga jarak dan sebagainya. Berita ini menjadi yang paling populer di kanal Global Liputan6.com edisi Jumat (10/7/2020). 

Selain itu, informasi menarik selanjutnya mengenai para pemimpin negara yang terinfeksi Virus Corona. Walaupun sebagian telah dinyatakan sembuh, sebagian lainnya baru saja dinyatakan positif belum lama ini. 

Masih mengenai Virus Corona COVID-19, menurut data, tingkat kematian di Indonesia kini sudah mencapai yang tertinggi ketiga di wilayah Asia-Pasifik. 

Simak ketiga berita paling populer di kanal Global Liputan6.com:

2 dari 4 halaman

1. Virus Corona Menular Lewat Udara, Ini yang Perlu Dilakukan untuk Mencegahnya

Bukti baru menunjukkan Virus Corona COVID-19 mampu bertahan di udara dan dapat menulari orang. Meski masih akan diteliti lebih lanjut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengakui fakta yang mengkhawatirkan itu dan meminta orang-orang harus mengantisipasi agar tidak tertular.

Dalam hasil penelitian 239 ilmuwan yang disampaikan kepada WHO, dijelaskan Virus Corona dapat tetap berada di udara selama berjam-jam dan menginfeksi orang ketika mereka menghirupnya. Risiko penularan paling tinggi terjadi di ruang tertutup dengan ventilasi yang buruk.

Virus yang menyebar di udara inilah yang dapat membantu menjelaskan peristiwa infeksi massal yang dilaporkan di pabrik pengemasan daging, gereja, dan restoran.

Baca selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. 3 Pemimpin Negara yang Tertular Virus Corona COVID-19

Virus Corona (COVID-19) masih menjadi pandemi gelombang. Beberapa negara berhasil menjinakan virus ini, seperti Jerman dan Malaysia, namun ada yang sedang menghadapi gelombang kedua seperti di Amerika Serikat dan Jepang. 

Cara penularan Virus Corona dapat terjadi lewat kontak fisik dekat dengan penderita. Ini bisa menjadi masalah jika ada orang yang tak sadar telah positif Corona COVID-19, kemudian menularkannya ke orang lain. 

Simak berita selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Tingkat Kematian di Indonesia Akibat Corona COVID-19 Nomor 3 di Asia-Pasifik

Data terbaru menunjukan tingginya tingkat kematian di Indonesia akibat Virus Corona COVID-19. Persentase tingkat kematian di Indonesia masih sekitar 5 persen per awal Juli.

Berdasarkan data Statista yang dikutip Kamis (9/7/2020), tingkat kematian Indonesia nomor 1 di Asia Tenggara dan nomor 3 di Asia-Pasifik. Dua negara yang peringkatnya lebih tinggi dari Indonesia adalah China dan Jepang. 

Lebih lanjut di sini...