Sukses

Bus Pengangkut Siswa Sekolah untuk Ujian Jatuh ke Danau, 21 Orang Tewas

Liputan6.com, Anshun - Sebuah bus yang membawa para siswa yang sedang bersiap untuk mengikuti ujian masuk universitas, jatuh ke sebuah danau di daerah barat daya China.

Akibatnya, 21 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Mengutip The Guardian, Rabu (8/7/2020), bus itu menabrak pagar pengaman dan berbelok ke Danau Hongshan di Provinsi Guizhou. Insiden ini juga menyebabkan 15 orang lainnya cedera.

Insiden itu terjadi sekitar tengah hari di Kota Anshun dan para saksi mata mengatakan para penumpang di dalam bus itu adalah para siswa yang akan mengikuti ujian masuk pendidikan tinggi.

Rekaman kamera keamanan yang dibagikan di media sosial menunjukkan kendaraan membelok setidaknya lima jalur, dan memotong lalu lintas yang mendekat sebelum melalui hambatan di sisi lain jalan.

Gambar-gambar dari tempat kejadian menunjukkan tim-tim pencarian dan penyelamatan di danau dan bus pun dikeluarkan dari air beberapa jam setelah kecelakaan terjadi.

2 dari 2 halaman

Tim Profesional Dikerahkan

Departemen manajemen darurat Guizhou mengatakan lebih dari 200 orang membantu upaya penyelamatan, termasuk 55 penyelam profesional.

Pengguna media sosial menyatakan belasungkawa mereka pada platform microblogging China, Weibo. 

“Saya berharap angka kematian tidak akan naik lagi. 2020 benar-benar penuh dengan bencana dan kesulitan," tulis seorang pengguna.

Semua yang terluka dalam kecelakaan itu kini tengah dirawat di rumah sakit. 

Otoritas setempat pun berjanji akan melakukan penyelidikan atas penyebab kecelakaan itu.