Sukses

RUU Keamanan Nasional Berlaku, Inggris Tawarkan Kewarganegaraan Bagi Warga Hong Kong

Liputan6.com, London - Hingga tiga juta penduduk Hong Kong akan ditawarkan kesempatan untuk menetap di Inggris dan akhirnya mengajukan permohonan kewarganegaraan. Hal ini disampaikan langsung oleh PM Boris Johnson.

Dilaporkan melalui BBC, Kamis (2/7/2020), PM mengatakan kebebasan Hong Kong dilanggar oleh undang-undang keamanan baru dan mereka yang terkena dampak akan ditawarkan "rute" keluar dari bekas koloni Inggris.

Sekitar 350.000 pemegang paspor Inggris, dan 2,6 juta lainnya yang memenuhi syarat, akan dapat datang ke Inggris selama lima tahun.Dan setelah satu tahun lebih lanjut, mereka akan dapat mengajukan permohonan kewarganegaraan.

Pemegang Paspor Luar Negeri Nasional Britania Raya di Hong Kong diberikan status khusus pada tahun 1980-an tetapi saat ini memiliki hak terbatas dan hanya berhak atas akses bebas visa ke Inggris selama enam bulan.

Di bawah rencana pemerintah, semua warga negara Inggris di luar negeri dan tanggungannya akan diberikan hak untuk tetap di Inggris, termasuk hak untuk bekerja dan belajar, selama lima tahun. Pada titik ini, mereka akan dapat mengajukan status menetap, dan setelah satu tahun lebih lanjut, mencari kewarganegaraan.

"Itu melanggar otonomi tingkat tinggi Hong Kong dan mengancam kebebasan dan hak yang dilindungi oleh deklarasi bersama," katanya.

"Kami menjelaskan bahwa jika China melanjutkan jalur ini, kami akan memperkenalkan rute baru bagi mereka yang berstatus Nasional Inggris (Luar Negeri) untuk memasuki Inggris, memberikan mereka cuti terbatas agar tetap dengan kemampuan untuk tinggal dan bekerja di Inggris dan setelah itu untuk mengajukan kewarganegaraan. Dan itulah tepatnya yang akan kita lakukan sekarang," sambung PM Johnson. 

Sekretaris tetap Kantor Luar Negeri Sir Simon McDonald mengungkapkan "keprihatinan mendalam" pemerintah tentang undang-undang baru tersebut kepada China selama pertemuan dengan duta besar negara itu Liu Xioming.

2 dari 4 halaman

Tak Akan Ada Batasan

Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengatakan tidak akan ada batasan jumlah atau kuota dan proses aplikasi juga akan diterapkan secara sederhana.

"Ini adalah serangkaian pengaturan khusus yang dirancang untuk keadaan unik yang kita hadapi dan mengingat komitmen historis kita kepada rakyat Hong Kong," katanya.

Berbicara kepada program Peston ITV, Raab mengakui ada "akan sedikit yang bisa kita lakukan untuk ... secara paksa memaksa" China untuk mengizinkan warga Britania Raya di luar negeri untuk datang ke Inggris.

Downing Street mengatakan rincian lebih lanjut dari skema ini akan dirinci "pada waktunya".

Sementara itu, pemegang Paspor Nasional Luar Negeri Inggris di Hong Kong akan dapat melakukan perjalanan ke Inggris segera, tergantung pada pemeriksaan imigrasi standar, kata juru bicara resmi perdana menteri.

 

3 dari 4 halaman

Desakan Bagi Inggris

Pemerintah Inggris telah mendapat tekanan yang semakin besar untuk mengambil garis tegas kepada Beijing.

Desakan tersebut datang dari para anggota parlemen yang khawatir tentang peran China yang semakin tegas di kawasan dan implikasi keamanan dari keterlibatan perusahaan China, seperti Huawei dalam jaringan 5G di Inggris.

Raab mengatakan dia menginginkan hubungan positif dengan China tetapi Beijing telah "melanggar janjinya" kepada orang-orang Hong Kong melalui "serangan terang-terangan" pada kebebasan berbicara dan hak berkumpul secara damai.

Sekretaris luar negeri Lisa Nandy mengatakan Inggris juga memiliki tanggung jawab untuk mempertimbangkan kesejahteraan mereka yang tidak dapat menemukan kembali atau yang ingin tinggal di Hong Kong.

Dia mendesak pemerintah untuk bekerja dengan mitra internasionalnya, melalui PBB, untuk memaksa penyelidikan kebrutalan polisi di Hong Kong dan juga meminta Inggris untuk memeriksa kembali hubungan komersialnya dengan China.

"Sudah terlalu lama dalam hubungannya dengan Cina, kita tidak punya strategi di dalam negeri dan tidak ada strategi di luar negeri. Saya berharap dia bisa memberi kita komitmen hari ini bahwa ini menandai dimulainya era yang sangat berbeda," katanya.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: