Sukses

Efektifkah Gunakan Sarung Tangan untuk Cegah Virus Corona COVID-19? Ini Penjelasan Ahli

Banyak orang berinisiatif untuk menggunakan sarung tangan ketika mereka berkegiatan di luar rumah termasuk ketika sedang berbelanja di tengah pandemi. Amankan dari Virus Corona COVID-19?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang saat ini merasa bahwa mereka perlu melakukan berbagai cara untuk melindungi diri terutama dari penyebaran Virus Corona COVID-19.

Mulai dari mengenakan masker hingga cuci tangan setiap waktu telah dilakukan, namun banyak yang merasa bahwa upaya tersebut masih kurang.

Kini, jika Anda berbelanja di supermarket, banyak orang memiliki inisiatif untuk mengenakan sarung tangan saat berbelanja atau bahkan sekadar plastik yang sekiranya dapat menutupi permukaan tangan mereka. 

Namun, seberapa efektifkah cara ini untuk mengatasi penularan Virus Corona COVID-19?

Salah seorang dokter penyakit menular, Dr. Sumon Chakrabarti pun menjelaskan hal ini secara lebih jelas, seperti dikutip dari laman CTV News, Selasa (9/6/2020). 

"Di depan umum, [mengenakan sarung tangan] tidaklah perlu," kata Chakrabarti.

“Apa yang saya temukan adalah bahwa ketika orang memakai sarung tangan di depan umum, mereka sering memakai sarung tangan yang sama di mana-mana."

"Dengan melakukan ini, Anda sebenarnya secara paradoks menempatkan diri Anda lebih berisiko terkena infeksi," sambungnya lagi. 

Menyentuh berbagai permukaan dengan sepasang sarung tangan sekali pakai tidak hanya dapat menyebarkan kuman berbahaya, tetapi juga menularkan virus dari satu lokasi ke lokasi lain, Chakrabarti menjelaskan sambil menambahkan bahwa hal itu bisa lebih berbahaya.

"Penggunaan sarung tangan terlalu berisiko dengan masalah kebersihan," katanya. "Mereka bertindak sebagai hal ekstra yang perlu dibersihkan."

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Beri Perlindungan Ekstra

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Virus Corona COVID-19 terutama ditularkan dari orang ke orang melalui tetesan pernapasan yang dilepaskan dari mulut atau hidung. Infeksi menyebar ketika seseorang yang memiliki virus terbatuk, bersin, atau menghembuskan napas, dan orang lain menghirup tetesan ini.

Mungkin juga seseorang terinfeksi jika mereka menyentuh permukaan yang terkontaminasi COVID-19, dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut mereka.

Jeff Kwong, seorang spesialis penyakit menular di Universitas Toronto, mengatakan bahwa kontak dengan selaput lendir inilah yang menyebabkan infeksi.

"Jika [virus] hanya ada di tangan Anda, Anda tidak akan terinfeksi, selama Anda tidak menyentuh wajah Anda," katanya.

Menurut Chakrabarti, mengenakan sarung tangan sekali pakai, terlepas bahan lateks, nitril atau vinil dapat menyesatkan orang sehingga berpikir ini cukup untuk melindungi diri dari virus.

"Itu bisa memberi orang rasa meyakinkan yang salah," katanya. 

"Orang-orang cenderung mencuci tangan lebih jarang ketika mereka mengenakan sarung tangan."

Tapi mencuci tangan dengan sering terus menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah tertular COVID-19, jelas Kwong.

"Orang mungkin merasa bahwa ketika mereka memakai sarung tangan, itu akan menjadi lapisan perlindungan ekstra terhadap hal-hal yang mereka sentuh," katanya. 

"Tapi terlepas dari itu... kamu masih disarankan untuk mencuci tangan."

Saat menjalankan tugas, Kwong mendesak orang untuk menggunakan pembersih tangan atau mencuci tangan ke mana pun mereka pergi, termasuk begitu mereka tiba di rumah.

"Sering mencuci tangan adalah hal yang paling penting," katanya.

WHO mengatakan, mengenakan sarung tangan di depan umum tidak dianggap efektif dalam melindungi terhadap penyebaran COVID-19.

"Anda masih dapat mendapatkan kontaminasi COVID-19 pada sarung tangan karet," tambahnya lagi. "Jika Anda menyentuh wajah Anda, kontaminasi berpindah dari sarung tangan ke wajah dan dapat menginfeksi Anda."

3 dari 3 halaman

Cuci Tangan Tetap Jadi yang Paling Penting

Menurut pernyataan dari Badan Kesehatan Masyarakat Kanada (PHAC), cuci tangan secara teratur tetap memberikan lebih banyak perlindungan dari penularan Virus Corona COVID-19 daripada memakai sarung tangan non-medis. 

Badan kesehatan nasional juga menjelaskan bahwa sarung tangan sekali pakai tidak boleh digunakan kembali dan malah dibuang begitu dilepas.

Alih-alih memakai sarung tangan, PHAC merekomendasikan praktik kebersihan tangan yang baik dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama minimal 20 detik atau menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol atau pembersih tangan berbasis alkohol.

Rekomendasi lain yang dibuat oleh badan tersebut adalah untuk tidak menyentuh wajah Anda, dan berlatih etika pernapasan dengan menggunakan lengan ketika batuk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menggemakan pesan ini, bersikeras bahwa memakai sarung tangan tidak diperlukan untuk masyarakat umum. Menurut institut itu, mencuci atau membersihkan tangan Anda secara teratur tetap menjadi cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman ketika menjalankan tugas dan setelah pergi keluar."

Dengan pemikiran ini, gagasan menggunakan pembersih tangan pada sarung tangan sekali pakai mungkin tampak seperti hal yang menarik. Meskipun ada kekhawatiran akan kerusakan yang diakibatkan karena penggunaan alkohol sebagai desinfektan, penelitian menunjukkan bahwa menggunakan pembersih tangan pada sarung tangan lateks dan nitril tidak banyak mengurangi perlindungan yang mereka tawarkan.

Tetap saja, Chakrabarti menyarankan agar hal ini, bersikeras bahwa "pembersih tangan dirancang untuk digunakan pada kulit, bukan pada lateks atau nitril."

Sementara Chakrabarti mengatakan dia mengerti mengapa orang mungkin melihat penggunaan sarung tangan sebagai cara melindungi terhadap penyebaran COVID-19, dia memperingatkan ini bukan masalahnya.

"Saya mengerti alasan mengapa orang ingin melakukannya - sepertinya Anda meletakkan penghalang di sana," katanya. "Jika Anda menggunakan sarung tangan, ketahuilah bahwa benda itu tidak memberi Anda perlindungan ekstra."

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat menjalankan tugas, Kwong dan Chakrabarti merekomendasikan untuk mencuci tangan secara teratur dan tidak menyentuh wajah Anda, selain tetap menjaga jarak secara fisik.

Entah apakah Anda pergi berbelanja, membeli obat, atau minum secangkir kopi, langkah-langkah ini jauh lebih efektif daripada penggunaan sarung tangan sekali pakai, kata Chakrabarti.

"Hal-hal itu seringkali tampak terlalu sederhana dan orang ingin berbuat lebih banyak," kata Chakrabarti. "Tapi hal-hal yang sangat sederhana masih yang terbaik."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.