Sukses

Planet Saturnus dan Jupiter Mendekat Malam Ini, Ayo Lihat Langit

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah fenomena astronomi mengawali bulan Juni. Pada 1 Juni 2020 saat Indonesia memperingati Hari Pancasila, dua planet akan berdekatan. Hal itu disampaikan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melalui akun Instagram resminya.

"Fenomena astronomi bulan Juni 2020... 1 Juni : Konjungsi Saturnus dan Jupiter," tulis Lapan melalui akun Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) @pussainsa_lapan, yang dikutip Senin (1/6/2020).

Dalam fenomena ini, Planet Saturnus dan Jupiter akan mendekat dengan jarak sudut pisah sebesar 4,85 derajat pada 1 Juni 2020.

"Dan akan semakin menjauh hingga jarak sudut pisahnya menjadi 6 derajat pada 30 Juni 2020," jelas akun Lapan di akun @pussainsa_lapan.

Sebelumnya, Planet Merkurius dan Venus juga berada dalam posisi serupa. Keduanya nampak berdekatan di langit Barat, seperti dikutip dari laman Pusat Sains Antariksa Lapan, Rabu 19 Mei.

"Fenomena itu disebut juga sebagai Konjungsi, di mana dua benda langit yang teramati dari Bumi memiliki jarak sudut minimum dan berada pada bujur ekliptika yang sama," jelas Lapan.

Konjungsi Merkurius-Venus terjadi pada Jumat 22 Mei pukul 15.49 WIB dengan jarak sudut pisah sebesar 53 detik busur, hampir 2 kali diameter tampak Bulan.

Konjungsi Planet Merkurius dan Venus dapat bisa diamati selepas Matahari terbenam di arah Barat Daya dekat Konstelasi Auriga untuk Indonesia bagian Barat dan Tengah. Sedangkan untuk Indonesia bagian Timur, dapat diamati tepat pada pukul 17.49 WITA pada arah yang sama.

2 dari 3 halaman

Waktu Tepat untuk Menyaksikannya

Kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena Planet Saturnus dan Jupiter berdekatan?

Menurut Lapan, mendekatnya Planet Saturnus dan Jupiter ini dapat diamati sepanjang malam 1 Juni 2020 hingga matahari terbit keesokan harinya.

"Dapat diamati mulai pukul 21.30 malam Waktu Indonesia Barat (WIB) dari arah Timur hingga Barat," jelas Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) di akun @pussainsa_lapan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Berikut Ini: