Sukses

Spekulasi Liar Netizen, Kim Jong-un Gandakan Diri dan Palsukan Kematian

Pasca-kemunculannya pertama kali setelah kurang lebih 20 hari menghilang, pihak Korea Utara merilis sejumlah foto Kim Jong-un.

Liputan6.com, Pyongyang - Mata para publik tertuju pada pita merah yang digunting oleh Kim Jong-un dalam acara seremonial peresmian pabrik pupuk pada 2 Mei 2020.

Kehadiran pemimpin Korea Utara di layar kaca tersebut sekaligus mengakhiri spekulasi soal kematian dirinya seperti yang diberitakan oleh media internasional.

CNN pun menyebut bahwa Kim tampil dengan penuh senyum, tawa dan sambil merokok pula.

Meski demikian, spekulasi terus berlanjut. Ada banyak konspirasi liar yang terus dikembangkan banyak pihak. Salah satunya warganet.

Pasca-kemunculannya pertama kali setelah kurang lebih 20 hari menghilang, pihak Korea Utara merilis sejumlah foto Kim Jong-un, demikian dikutip dari laman ibtimes.sg, Senin (4/5/2020).

Namun, ada banyak netizen yakin bahwa sosok yang hadir di televisi bukanlah tubuh asli dari Kim Jong-un. Ya, ia dituduh menggandakan raganya.

Tak lama setelah rekaman kemunculan Kim, beberapa pengguna media sosial tidak membuang waktu untuk menunjukkan perbedaan dalam bentuk wajah, garis rambut, dan gigi ketika membandingkan penampilan publiknya dengan penampilan sebelumnya.

Spekulasi dan tuduhan yang belum bisa dibuktikan ini membuat banyak orang percaya bahwa pihak berwenang mungkin telah menggunakan salah satu tubuh orang lain guna menggantikan Kim Jong-un dan mengakhiri spekulasi seputar kesehatannya yang buruk.

 

Simak video pilihan berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cuitan Warganet

Aktivis hak asasi manusia Jennifer Zeng adalah orang pertama yang menarik perhatian pada perbedaan antara dua "versi" Kim, termasuk perbedaan pada gigi dan telinga mereka.

"Apakah Kim Jong-un yang muncul pada 1 Mei adalah yang asli?" di Twitter bersama dengan perbandingan sisi-sisi dari penampilan "lama dan baru" Kim Jong-un dalam dua posting terpisah.

Pengguna lain menunjukkan bahwa Kim Jong-un terlihat "sedikit berbeda" selama penampilannya baru-baru ini.

"Pernahkah Anda melihat foto-foto terbaru Kim Jong Un? Ia terlihat sedikit berbeda," tulis pengguna Twitter lain.

"Teoriku adalah ia mati dan digantikan oleh clone/lookalike."

"Hidungnya nampak sedikit lebih membulat, garis rambutnya terlihat lebih lebar, dan dia dulunya memiliki lebih banyak kerutan di sekitar mata ketika dia tersenyum."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.