Sukses

Kanselir Jerman Angela Merkel Peringatkan Pandemi Corona Saat Ini Masih Tahap Awal

Situasi pandemi Virus Corona COVID-19 yang sudah membingungkan seperti saat ini dinilai masih berada pada tahap awal menurut Kanselir Jerman Angela Merkel.

Liputan6.com, Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan negaranya harus tetap "pintar dan berhati-hati" dalam menangani krisis Virus Corona baru, karena ini "bukan tahap akhir tetapi masih baru permulaan".

"Kita harus hidup dengan virus ini untuk waktu yang lama," kata Merkel kepada parlemen sebelum pertemuan puncak UE, melalui videolink.

Seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (24/4/2020), ia mengatakan Jerman harus siap untuk "membuat banyak perbedaan, yang berarti kontribusi yang jauh lebih tinggi pada anggaran Uni Eropa".

KTT virtual yang keempat oleh Uni Eropa terkait Virus Corona COVID-19 sedang berlangsung saat ini.

Para pemimpin Uni Eropa diharapkan menandatangani dana darurat baru 540 miliar euro (470 miliar pound sterling; US$ 575 miliar) untuk melindungi pekerja, bisnis, dan negara-negara Eropa yang paling parah terkena dampak wabah Virus Corona COVID-19. Namun, rinciannya belum dikerjakan.

Dana senilai 540 triliun euro akan dirilis melalui lembaga-lembaga Uni Eropa yang sudah ada, termasuk European Stability Mechanism (ESM), dana bailout utama yang dibentuk sebagai tanggapan terhadap krisis keuangan 2008.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anggaran Uni Eropa

Presiden Dewan Eropa Charles Michel mengatakan kepada para pemimpin mereka harus mulai mengeluarkan dana pada 1 Juni.

Tetapi masalah yang lebih sulit adalah berapa banyak tambahan untuk berkomitmen pada anggaran UE untuk menangani krisis ini, dan berapa banyak 27 negara anggota akan menggunakannya. Ada rencana untuk dana pemulihan khusus, seperti Rencana Marshall pasca-1945.

Italia dan beberapa negara lain menginginkan bantuan UE dalam hibah bantuan, bukan pinjaman. Skala krisis sedemikian, menurut mereka, bahwa setidaknya dibutuhkan 1,5 triliun euro.

Merkel mengatakan dana anggaran ekstra UE harus disediakan "dalam semangat solidaritas" dan untuk waktu yang terbatas.

Italia, yang menjadi pusat pandemi di Eropa, telah sangat vokal dalam mendesak para mitra UE untuk bersama-sama menjamin utang.

Tetapi Jerman, Belanda dan Austria menentang saling menguntungkan hutang, dalam bentuk apa yang disebut "coronabonds".

Di bawah aturan UE saat ini, negara tidak dapat dimintai tanggung jawab atas utang satu sama lain.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berpihak pada Italia dan Spanyol dalam krisis ini. Ia memperingatkan bahwa itu mengancam keberadaan Uni Eropa. 

Italia, Spanyol, dan Prancis - dalam urutan itu - memiliki angka kematian tertinggi di Eropa dari COVID-19, masing-masing di atas 20.000.

Pada hari Kamis, para pejabat Jerman mengatakan kasus virus corona baru secara nasional telah meningkat menjadi 148.046, dan jumlah kematian yang terkait dengan COVID-19 meningkat sebesar 215 menjadi 5.094.

Merkel mengatakan "ini adalah tantangan terbesar sejak Perang Dunia Kedua, untuk kehidupan dan kesehatan rakyat kita".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.