Sukses

Tips Bekerja Efektif di Rumah untuk Cegah Virus Corona COVID-19

Untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Indonesia, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk bekerja di rumah beberapa waktu lalu. Berikut tips bekerja di rumah agar bisa tetap efektif.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta rakyat Indonesia untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah untuk mencegah meluasnya infeksi Virus Corona COVID-19 di Indonesia. Hal serupa juga dilakukan sejumlah negara di tengah pandemi COVID-19.

Sebelum Indonesia, jutaan karyawan di China juga telah diimbau pemerintah mereka sejak 3 Februari 2020 untuk bekerja dari rumah, saat negara itu tengah menangani penyebaran Virus Corona COVID-19.

Namun, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan saat bekerja di rumah.

Berikut adalah beberapa tips bekerja di rumah agar tetap efektif, seperti dikutip dari CNN, Senin (16/3/2020):

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tidak Melupakan Istirahat

Saat kita bekerja 8 jam di kantor, kita tidak sepenuhnya berada dalam aktivitas pekerjaan. Di antara jam itu, masih adanya waktu rehat untuk meminum kopi, jalan-jalan makan siang, juga obrolan dengan rekan kerja sebagai sumber kelegaan dari pekerjaan.

Hanya karena Anda bekerja dari rumah, bukan berarti Anda tidak bisa mempunyai waktu tersebut.  

Wakil Pimpinan Pemasaran Komersial Global di Lenovo, David Rabin, mengatakan, "Ada kecenderungan untuk bekerja sepanjang hari untuk mengatasi beberapa stigma bahwa Anda tidak bekerja ketika tidak berada di kantor."

Dengan adanya jeda waktu untuk istirahat, maka pekerjaan yang Anda lakukan di rumah masih bisa menjadi produktif.

"Itu tidak akan mengambil apa pun dari keefektifan Anda," menurut Julie Morgenstern, seorang konsultan organisasi dan produktivitas dan penulis "Organizing from the Inside Out."

Julie Morgenstern juga mengatakan, "Melangkah untuk istirahat adalah bagian dari produktivitas. Mereka sebenarnya membuatmu lebih pintar dan memberikanmu perspektif dan jawaban," katanya.

3 dari 5 halaman

2. Ketahui Batasan

Julie Morgenstern juga mengatakan bahwa "Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bekerja lebih lama."

Pastikan komunikasi dengan manajer dan rekan kerja Anda mengenai jadwal dan patuhi hal tersebut.

Ketika hari kerja Anda berakhir, Anda juga harus memastikan tidak akan lagi menambah waktu bekerja. Pastikan adanya waktu pribadi.

Meskipun Anda sudah menghabiskan waktu Anda untuk bekerja, pastikan juga untuk memberikan perhatian Anda kepada keluarga.

 

4 dari 5 halaman

3. Manfaatkan Teknologi

Jika diperlukan, gunakan platform panggilan video bila akan mengadakan suatu diskusi dengan rekan kerja.

Hal ini dikatakan dapat menciptakan lebih banyak interaksi dan menghindari aktivitas bekerja yang sepi.

Manfaatkan akses yang Anda miliki baik melalui platform FaceTime, Zoom, dan sumber komunikasi video lainnya selama berdiskusi atau hanya untuk berbincang dengan rekan kerja.

5 dari 5 halaman

4. Tetap Aktif Bersosialisasi

Selama Anda bekerja di rumah, pastikan untuk tetap aktif berinteraksi agar aktivitas sosial Anda tetap berjalan.

Pastikan komunikasi mengenai masalah-masalah, atau gagasan dan pendapat masih bisa Anda sampaikan kepada atasan atau rekan kerja Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.