Sukses

7 Etika di Jepang yang Perlu Diketahui Wisatawan

Jepang dikenal sebagai negara yang memiliki etika sopan santun yang tinggi di kalangan wisatawan.

Liputan6.com, Jepang - Masyarakat Jepang dikenal dengan tingkat sopan santun tinggi, mempunyai sikap ramah yang menjadikan alasan untuk wisatawan nyaman mengunjungi Jepang. Tetapi, banyak pula wisatawan yang khawatir jika melakukan hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan saat di Jepang.

Meskipun wajar untuk memiliki kekhawatiran ini, hal penting yang perlu diingat adalah bahwa masyarakat Jepang tidak berharap terlalu tinggi para wisatawan untuk mengetahui semua kebiasaan dan perilaku mereka.

Jika hendak bepergian ke Jepang, akan lebih baik lagi untuk mengetahui dan mempelajari setidaknya beberapa etika dan perilaku yang seharusnya diterapkan saat berada di Jepang. Terutama apabila ini merupakan kali pertamanya Anda mengunjungi Jepang.

Mengutip dari CNA Lifestyle, Minggu (9/2/2020), berikut adalah 7 hal penting terkait etika yang harus diterapkan di Jepang dan perlu diketahui wisatawan:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Dilarang Memberikan Tip

Jika di negara Anda atau negara lain memperbolehkan pengunjungnya untuk memberikan tip atau uang lebih, berbeda halnya dengan para pekerja di Jepang.

Jadi perlu sedikit tambahan untuk mengetahui bahwa pemberian tip bukanlah kebiasaan di industri pekerjaan Jepang. Meskipun tidak selalu dianggap kasar, ada beberapa argumen bahwa pemberian tip sedikit bertentangan dengan pemilik perusahaan atau toko.

Sebagian besar restoran Jepang mengharuskan pelanggan untuk membayar makanan mereka di kasir depan, daripada meninggalkan uang dengan pelayan atau pelayan. Pemberian tip juga tidak diperlukan untuk naik taksi atau bus dan banyak layanan hotel.

Pemberian tip bukanlah praktik standar di negara tersebut, mengingat gaji pekerja sepenuhnya berasal dari upah dan nilai yang diberikan pada layanan pelanggan yang konsisten dan sangat baik.

Anda mungkin akan menerima beberapa layanan terbaik di Jepang, tetapi hal ini berkaitan dengan orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka dengan bangga daripada berharap mendapatkan sebuah tip.

3 dari 8 halaman

2. Letakkan Uang di Nampan Saat Membayar

Jepang adalah negara dengan keakuratan tinggi, dan itu umum bagi kasir untuk memberi Anda waktu untuk menghitung jumlah yang tepat ketika melakukan pembelian.

Pemandangan umum di toko-toko Jepang adalah nampan plastik kecil di sebelah mesin kasir. Jika membayar dengan uang tunai, kesopanan yang umum adalah menempatkan uang seseorang di nampan daripada menyerahkannya ke kasir secara langsung. 

Dan untuk setiap uang sisa atau kembali, akan diletakkan pada nampan yang sama. Pelanggan mungkin adalah raja, tetapi di Jepang, Anda harus tetap menghormati dan memiliki perilaku yang baik.

Sedangkan untuk bill, penting untuk tidak menyinggung siapa pun dengan mengeluarkannya dari saku Anda layaknya tisu. Meletakkan atau "melemparkan" uang Anda di konter juga termasuk perilaku yang kasar dan tidak sopan.

4 dari 8 halaman

3. Hindari Makan dan Minum Saat Berjalan

Orang Jepang cenderung tidak makan sambil berjalan atau berdiri di jalan. Namun, dapat diterima untuk minum sambil berdiri di samping mesin penjual otomatis (vending machine). Makan dan minum di kereta lokal beberapa ada yang diperbolehkan, tetapi tidak di dalam kereta ekspres jarak jauh.

Di Tokyo yang serba cepat, orang mungkin berharap makan dan berjalan menjadi hal yang biasa. Pada kenyataannya, bagaimanapun, itu adalah sesuatu penafsiran yang salah, berkat konsep "Ikkai ichi dousa" atau melakukan satu hal pada suatu waktu.

5 dari 8 halaman

4. Jangan Membuka Pintu Taxi

Taksi di Jepang dapat ditemukan di sepanjang jalan kota-kota dan di stasiun terminal, hotel, dan tempat taksi bandara. Ada taksi kecil dan menengah di mana Anda memberi tahu pengemudi tujuan Anda, serta taksi wisata besar di mana penumpang membayar biaya tetap dan memilih jumlah waktu atau perjalanan yang ditentukan.

Tetapi perlu waspadai jika Anda memanggil taksi karena pintu dioperasikan oleh pengemudi dan terbuka secara otomatis untuk penumpang. Mendekati pintu taksi secara tiba-tiba bisa berbahaya. Maka dari itu, penumpang disarankan untuk tidak membukanya sendiri.

Terlihat agak kasar untuk membuka pintu sendiri. Setelah tiba di tujuan dan membayar ongkos, pengemudi akan kembali mengaktifkan pintu bagi penumpang untuk keluar.  Penumpang umumnya duduk di kursi belakang, tetapi kursi penumpang depan juga dapat digunakan jika sedang bepergian dalam jumlah banyak atau berkelompok. 

6 dari 8 halaman

5. Dilarang Berbicara dan Makan di Kereta

Untuk kereta api yang sering beroperasi pada kapasitas 200 persen selama masa puncak operasi, perjalanan pulang dan pergi bisa menjadi hal yang dapat menenangkan untuk sebagian orang.

Sementara mengirim pesan atau bermain game diizinkan, berbicara melalui ponsel adalah larangan keras, dan bahkan percakapan di antara penumpang (jika terlalu mengganggu dan keras) sangat tidak disarankan.

Perlu juga dicatat bahwa, walaupun mengambil foto melalui jendela dapat diterima, tidak disarankan untuk mengambil foto interior mobil kereta yang sibuk, terutama pada saat anak-anak atau siswa hadir.

Sementara untuk makan dan minum, beberapa gerbong kereta yang paling banyak ditempati dalam kondisi bersih adalah keengganan umum untuk makan sambil naik kereta.

Meskipun minum pada umumnya dapat diterima, bahkan pada kereta yang relatif kosong itu dianggap perilaku yang buruk untuk makan di kereta api, dan ngemil pun dibatasi pada platform stasiun tertentu.

7 dari 8 halaman

6. Jalur Kiri untuk Diam dan Kanan untuk Jalan di Eskalator

Jika Anda baru pertama kali bepergian ke Jepang, Anda mungkin akan terkejut bahwa orang-orang Jepang secara otomatis berdiri di satu sisi dan menjaga sisi lain terbuka ketika menggunakan eskalator. 

Untuk membantu memastikan arus lalu lintas pejalan kaki yang lancar, terutama di stasiun kereta api yang sibuk, praktik ketika mengendarai eskalator di Tokyo adalah berdiri di kiri, dan berjalan di kanan. Namun perlu diketahui bahwa di Osaka, praktik ini digunakan dengan terbalik. 

Selain itu, di sekitar eskalator pada umumnya terdapat gambar atau poster yang menjelaskan etika saat menggunakan eskalator, seperti memegang pegangan dengan kuat, dilarang membawa baby stroller, atau berdiri di tengah-tengah eskalator baik di Tokyo atau Osaka.

8 dari 8 halaman

7. Simpan Sampah Anda Jika Tak Ada Tempat Sampah

Jika seseorang menemukan diri mereka di daerah tanpa ada tempat sampah, praktik lama di negara itu adalah dengan hanya membawa pulang sampah atau ke hotel untuk pemilahan dan pembuangan yang tepat.

Meskipun toko-toko tidak ingin Anda membuang sampah rumah tangga Anda ke tempat sampah mereka, berbagai toko serba ada melakukan bagian mereka untuk masyarakat dengan menyediakan wadah sampah yang cukup pada toko mereka.

Jika Anda memiliki beberapa botol plastik kosong atau sampah kertas, tidak ada seorang pun di toko yang akan keberatan jika Anda masuk dan membuang sampah Anda di sana.

 

Reporter: Jihan Fairuzzia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.