Sukses

Jepang Konfirmasi 10 Penumpang Kapal The Diamond Princess Positif Virus Corona

10 penumpang kapal The Diamond Princess dinyatakan positif Virus Corona.

Liputan6.com, Yokohama- Pada Rabu dini hari, Menteri Kesehatan Jepang melaporkan (setidaknya) 10 penumpang di kapal pesiar yang dikarantina Jepang dinyatakan positif tertular Virus Corona.

"Dari sekitar pukul 07.30 pagi (22.30 GMT Selasa), kami meminta mereka (10 penumpang yang dinyatakan positif) untuk turun dari kapal, dan dengan kerja sama dengan penjaga pantai kami mengirim mereka ke organisasi medis", katanya.

Jepang juga dikabarkan telah mengkarantina kapal bernama The Diamond Princess yang membawa 3.711 orang, juga diberlakukannya tes untuk mengetahui ada atau tidaknya virus.  

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, juga mengatakan kepada wartawan bahwa sample yang didapatkan dari lebih dari 200 orang telah dikumpulkan, seperti dikutip dari Chanel News Asia, Rabu, (5/2/2020).

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemeriksaan Dilakukan

Pemeriksaan kesehatan telah diberlakukan sejak 4 Febuari untuk para penumpang dan kru kapal, setelah penumpang asal Hong Kong yang berlayar dengan kapal tersebut dinyatakan positif tertular Virus Corona pada bulan lalu.

Seorang pria berusia 80 tahun itu dikatakan terbang ke Jepang dan menaiki kapal yang dijalankan oleh Carnival Japan Inc, di Yokohama pada 20 Januari lalu hingga turun di Hong Kong pada 25 Januari lalu, menurut perusahaan itu.

3 dari 3 halaman

Memperluas Pemeriksaan

Menteri Kesehatan Jepang juga mengatakan kepada wartawan bahwa Jepang sudah bersiap untuk memperluas ruang lingkup pemeriksaan Virus Corona, juga kriteria tes yang pada tes awal (beberapa di antaranya) gagal mendeteksi virus hingga pada suatu saat orang yang tidak terdeteksi ditemukan terinfeksi.

Sebelumnya, Jepang telah memiliki 20 kasus Virus Corona yang dikonfirmasi, dengan 17 di antaranya pernah ke Wuhan, kota di China Daratan di mana wabah tersebut dimulai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.