Sukses

Virus Corona Wuhan Sudah Masuk Eropa, 3 Orang Terjangkit di Prancis

Liputan6.com, Paris - Virus Corona Wuhan sudah menjalar masuk ke Eropa. Tiga kasus pertama terjadi di Prancis.

Dilansir France24, Sabtu (25/1/2020), dua kasus terjadi di ibu kota Paris dan satu lagi di kota Bordeaux. Dua pasien masih punya relasi.

Badan kesehatan SOS Medecins sempat menangani salah satu pasien yang berasal dari China yang mengalami gejala penyakit virus corona Wuhan. Kondisinya saat ini stabil.

Menteri Kesehatan Prancis Agnes Buzyn berkata pasien berusia 48 tahun ini baru saja kembali dari China dan sempat singgah di Wuhan.

"Ia berada di ruangan terisolasi untuk menghindari kontak dengan dunia luar. Ia baik-baik saja," ujar Menteri Buzyn.

Menkes Prancis juga berkata agar mereka yang curiga bahwa dirinya kena Virus Corona Wuhan agar tidak langsung ke rumah sakit supaya tidak membuat penularan, melainkan menelepon dulu petugas kesehatan untuk mendapat instruksi.

Kebanyakan kasus Virus Corona Wuhan yang timbul di luar negeri akibat warga China yang berasal atau singgah di Wuhan. Penyakit ini juga baru saja masuk ke Singapura dan Australia. Pemerintah China pun melarang warga Wuhan untuk berpergian.

WHO sudah menyebut virus corona Wuhan ini sudah darurat di China, tetapi belum mendeklarasikannya sebagai darurat global.

2 dari 3 halaman

Cegah Virus Corona, Semua Wisatawan yang Masuk ke Indonesia Diperiksa

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta publik agar tidak khawatir terkait kabar masuknya virus Corona ke Indonesia. Dia menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan antisipasi.

"Sudah menyiapkan antisipasi mereka yang datang dari berbagai negara di luar negeri, khususnya dari China, jadi sudah ada antisipasi," kata Ma'ruf Amin usai meninjau Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, Jumat (24/1/2020). 

Hal senada juga disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang sudah memerintahkan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk mengawasi dan memeriksa dengan serius para wisatawan yang datang ke Indonesia.

"Siapa pun yang kita perkirakan kemungkinan besar terjangkit. Tapi sampai sekarang informasi yang saya terima dan moga-moga seterusnya, tidak ada yang terjangkit Corona," ungkap Jokowi.

Virus corona baru yang ditemukan Desember 2019 di Wuhan, China. Namun kini telah menyebar ke sejumlah negara, misalnya Amerika Serikat, Rusia, dan sejumlah negara di Asia Tenggara.

Saat ini di China, jumlah temuan kasus warga yang terjangkit wabah ini mencapai 835 orang termasuk juga di Taiwan, Macau, dan 5 kasus di Hong Kong.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
AS Desak Iran Agar Tak Menutupi Fakta Soal Virus Corona COVID-19
Artikel Selanjutnya
Cegah Virus Corona, Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah