Sukses

Dialog dengan AS Mandek, Kim Jong-un Copot Menlu Korut

Presiden Korea Utara memecat Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho karena dianggap tak mampu menyelesaikan dialog dengan AS.

Liputan6.com, Pyongyang - Kim Jong-un telah memecat diplomat top Korea Utara, menurut sebuah laporan lokal. Para analis menilai hal ini merupakan sebuah langkah yang dapat mengeja sikap keras dari Pyongyang dalam pembicaraan nuklir dengan AS.

Menteri Luar Negeri Korea Utara sejak 2016, Ri Yong Ho, telah memainkan peran sentral dalam hubungan Pyongyang dengan Washington. Posisinya saat ini telah digantikan oleh Ri Son Gwon, seorang pejabat tinggi yang dikenal karena mengambil pendekatan garis keras pada hubungan luar negeri, menurut kantor berita NK News.

Dilansir dari Financial Times, Senin (20/1/2020), usai keputusan itu dibuat, Departemen Luar Negeri AS tidak segera mengomentari peristiwa tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pandangan Analis

Para analis menambahkan, pergantian personel senior menunjukkan bahwa pemimpin Korea Utara itu bersiap untuk pendekatan yang lebih keras dalam berurusan dengan AS setelah Washington gagal meringankan sanksi ekonomi.

Soo Kim, seorang mantan analis Korea Utara dengan CIA, mengatakan Ri Son Gwon menjadi simbol "ketukan keras” yang tepat untuk membuat "lawannya gusar".

Kim yang sekarang berada di Rand Corporation, sebuah think-tank yang berbasis di AS, menambahkan: "Bukan berarti rezim Korea Utara pernah mempertahankan tingkat kesopanan dan kesopanan minimum dalam berurusan dengan Washington, tetapi jika dikonfirmasi, penunjukan terbaru Ri hanya berarti lebih banyak retorika kasar dan ofensif serta peningkatan ketegangan untuk Washington di bulan-bulan mendatang."

Perubahan itu datang dengan latar belakang perundingan yang macet antara AS dan Korea Utara. Kondisi yang terjadi antar dua negara tersebut adalah Pyongyang menuntut agar sanksi dicabut sedangkan Washington bersikeras bahwa Korea Utara pertama-tama memverifikasi program nuklirnya secara meyakinkan dan melepaskan simpanan senjata.

3 dari 3 halaman

Upaya Meredakan Ketegangan

Dalam upaya meyakinkan Kim untuk mengubah pendiriannya, Donald Trump telah bertemu pemimpin Korea Utara tiga kali selama dua tahun terakhir dalam serangkaian tawaran yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh seorang presiden AS.

AS dan Korea Selatan juga mengurangi operasi militer bersama di semenanjung Korea. Ditambah lagi, sebagai gerakan lebih lanjut yang bertujuan meredakan ketegangan, Seoul telah berupaya untuk meningkatkan kerja sama antar-Korea.

Andrei Lankov, pakar Korea Utara di Universitas Kookmin di Seoul, mengatakan sudah jelas bahwa Kim ingin melihat kemajuan dalam pelonggaran sanksi. Namun dia mendesak agar berhati-hati sebelum "mengambil kesimpulan" tentang pergantian menteri luar negeri, mengingat sifat buram perebutan kekuasaan di antara para pemimpin Korea Utara.

“Mungkin ada semacam pertikaian birokrasi, kita tidak tahu. . . Kami hanya tahu sedikit tentang apa yang terjadi dengan kepemimpinan pusat dan itu telah terjadi selama setengah abad, ”kata Lankov.

Namun, David Kim, seorang mantan pejabat departemen luar negeri AS yang bekerja pada isu-isu non-proliferasi, mengatakan penunjukan Ri Son Gwon sejalan dengan "pergeseran kembali ke arah kebijakan garis keras terhadap AS", sebagaimana digariskan oleh pemimpin Korea Utara. Tetapi, ia mencatat bahwa menteri luar negeri baru memiliki pengalaman dalam berurusan dengan AS dan Korea Selatan.

"Pesan ke AS adalah: 'Lihat, kapal berlayar dengan cepat, kita dapat kembali dan mencoba mencari solusi diplomatik atau kita dapat dengan mudah kembali ke masa kemarahan'," katanya.

Pekan lalu, Moon Jae-in, presiden Korea Selatan, memperingatkan bahwa Korea Utara dan AS tidak "punya banyak waktu tersisa" untuk perundingan menjelang pemilihan presiden AS.

Di tengah kebuntuan seputar nuklir antara Korea Utara dengan AS, banyak ahli khawatir bahwa Pyongyang akan memulai kembali uji coba rudal nuklir dan jarak jauh tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.