Sukses

Siaran Langsung Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Ini Cara Nontonnya

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia dipastikan bisa melihat gerhana matahari cincin pada Kamis siang, 26 Desember 2019. Fenomena ini sayang dilewatkan sebab Indonesia baru bisa melihat gerhana lagi pada 2023 mendatang. 

Namun, tidak semua wilayah Indonesia bisa melihat gerhana dengan jelas. Menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hanya ada beberapa wilayah yang bisa dengan jelas menyaksikan gerhana matahari cincin.

Gerhana matahari cincin bisa diamati di Padang Sidempuan, Sibolga, Kabupaten Siak, Kepulauan Riau, dan sebagian Kalimantan Barat bagian utara, yakni di Kabupaten Singkawang.

Untungnya, ada beberapa kanal di YouTube yang menyediakan layanan streaming gerhana matahari cincin. Serunya lagi, di antara kanal-kanal tersebut, bahkan ada juga yang punya layanan menonton aurora.

Berikut daftar kanal yang menyiapkan layanan streaming fenomena langit gerhana matahari cincin, seperti dilansir Forbes, Rabu (25/12/2019). 

2 dari 4 halaman

1. Slooh

Slooh menyediakan livestreaming dari Timur Tengah dan Singapura.

 

3 dari 4 halaman

2. Cosmo Sapiens

Cosmo Sapiens juga menyediakan livestream gerhana matahari cincin. Kanal itu juga memiliki video livestream aurora, pendaratan bulan, dan pergerakan berbagai planet. 

 

4 dari 4 halaman

3. Tharulowa Digital

Tharulowa Digital merupakan kanal dari Sri Lanka. Kanal tersebut berfokus pada fenomena-fenomena astronomi.