Sukses

Serba-Serbi Planet Uranus yang Bersinar Terang Hari Ini

Liputan6.com, California - Uranus dilaporkan mencapai oposisi pada Selasa, 28 Oktober 2019 pukul 04.00 EDT (15.00 WIB), yang berarti hampir berseberangan dengan matahari dari perspektif Bumi.

Tidak hanya 'wajah' Uranus yang sepenuhnya diterangi oleh sinar matahari, tetapi Uranus juga lebih dekat dengan Bumi daripada waktu lain sepanjang tahun.

Planet itu berada di titik terdekatnya dengan Bumi, yang disebut perigee, pada Minggu, 27 Oktober 2019, menurut situs EarthSky.org yang dikutip melalui Space.com pada Rabu (29/10/2019).

Untuk saat ini, Uranus masih akan terlihat sepanjang malam di langit timur saat matahari terbenam, menurut EarthSky. Untungnya, Bulan baru telah mencapai fase baru pada Minggu dan tidak akan mengaburkan cahaya Uranus di ufuk yang cerah.

Anda bisa melihat Uranus di konstelasi Aries antara kira-kira 20.00 hingga 05.30 waktu setempat, menurut In-the-Sky.org. Anda akan dapat melihatnya dengan teropong atau teleskop, tetapi dalam kondisi angkasa yang gelap dan sedikit (atau tak ada) gangguan atmosfer.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

Masih Terlihat dalam Beberapa Bulan

Untuk menemukan Uranus, coba perhatikan ke timur untuk mendapatkan gugus bintang Pleiades --gugus bintang berbentuk V yang cerah di rasi bintang Taurus.

Kemudian, Anda dapat menggunakan aplikasi pengamatan bintang di ponsel pintar Anda untuk menavigasi penglihatan Anda ke Uranus. Namun, mata Anda harus disesuaikan dengan kegelapan malam terlebih dahulu selama beberapa menit.

Meskipun Uranus adalah planet gas raksasa, ia tampak sangat redup karena planet ini jauh dari Bumi. Rata-rata, Uranus berjarak sekitar 19 jarak Bumi-matahari (atau unit astronomi) dari Bumi, dan 20 unit astronomi dari matahari.

Karena jaraknya yang sangat jauh dari Bumi, Uranus hanya akan bergerak sedikit di langit selama beberapa bulan ke depan dan akan muncul 4 menit lebih awal setiap hari. Uranus juga akan terus menampakkan dirinya selama beberapa bulan mendatang.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Video Ini Tunjukkan Hal yang Terjadi Jika Posisi Bulan Digantikan Planet Lain
Artikel Selanjutnya
Top 3: Asteroid Dekati Bumi Bikin Resah hingga Daftar WNI Korban Jembatan Taiwan Disorot