Sukses

Izinkan Aktor Mesir di Kokpit Pesawat, Pilot Dilarang Terbang Seumur Hidup

Liputan6.com, Kairo - Gara-gara membiarkan selebritas sekaligus aktor Mohamed Ramadan duduk di kokpit pesawat selama penerbangan pribadi ke Arab Saudi, seorang pilot dilarang pemerintah Mesir terbang seumur hidup.

Semua itu berawal dari postingan video aktor yang juga penyanyi itu tengah duduk di kursi kopilot, memegang kendali, ketika orang lain berkomentar dia "mengemudikan pesawat sekarang".

Kopilot juga dilaporkan dilarang selama satu tahun karena insiden tersebut.

Penerbangan itu dijalankan oleh Smart Aviation, yang kepala eksekutifnya mengundurkan diri dari jabatannya, kata para pejabat.

Aturan penerbangan Mesir menetapkan bahwa penumpang tidak diizinkan memasuki kokpit saat penerbangan sedang beroperasi.

"Setelah mengkonfirmasi pelanggaran terhadap hukum penerbangan sipil Mesir, kami telah mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap tindakan percontohan yang tidak bertanggung jawab (dari pilot)," kata Kementerian Penerbangan Sipil Mesir dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh Masrawy seperti dikutip dari BBC, Sabtu (19/10/2019).

"Keselamatan penerbangan untuk pesawat Mesir adalah yang terpenting," tambah kementerian tersebut.

Mohamed Ramadan, yang memiliki lebih dari tujuh juta pengikut di saluran YouTube-nya, memposting video pada 13 Oktober ke akun Twitter dan Instagram-nya.

Berbicara di depan kamera, dia berkata: "Untuk pertama kalinya, saya akan pergi mengemudikan pesawat."

Klip kemudian terpotong ketika dia memasuki kokpit pesawat, di mana dia duduk di sebelah pilot dengan tangan di kemudi.

Seorang pria di belakang kamera lalu berkata: "Aku bersumpah demi Tuhan, Mohamed Ramadan adalah orang yang mengemudikan pesawat sekarang."

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 2 halaman

Netizen Marah

Beberapa netizen di media sosial menanggapi dengan marah video itu, dengan seruan agar aktor itu diboikot.

Ramadan, yang muncul dalam lebih dari selusin film Mesir dan beberapa serial TV, dikatakan bepergian dengan band-nya untuk tampil di sebuah festival hiburan di ibukota Saudi, Riyadh.

Aktor berusia 31 tahun itu juga berkecimpung di industri musik, dengan lagu hitsnya Mafia mendapatkan lebih dari 158 juta penonton di YouTube.

Meskipun memiliki basis penggemar yang besar, Ramadan kerap memicu kontroversi di masa lalu.

Pada Agustus, ada seruan agar penyanyi itu dilarang tampil setelah ia dikritik karena mengenakan kemeja tembus pandang dan menari "secara provokatif" di salah satu konsernya.

Dia juga dikritik pada tahun 2016 karena tidak sensitif terhadap penggemar, karena membual tentang dua mobil mewah yang telah dibelinya. Padahal banyak dari mereka yang berasal dari kalangan berpenghasilan rendah.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Tidur Nyaman dalam Perjalanan di Pesawat
Artikel Selanjutnya
Cegah Sakit, Ini 6 Langkah Jaga Kesehatan Saat Naik Pesawat