Sukses

Mengejutkan, Tempat Tidur Kuno Berusia 15 Tahun di Hotel Inggris Ternyata...

Tempat tidur yang digunakan di sebuah hotel di Chester, Inggris, selama 15 tahun ini rupanya...

Liputan6.com, Chester - Para ahli baru-baru ini menemukan bahwa sebuah ranjang kuno yang berada di sebuah hotel di Chester, Inggris, kemungkinan adalah tempat tidur pernikahan kerajaan yang telah lama hilang sejak Abad ke-15.

Ranjang yang terbuat dari ukiran kayu ek itu, diduga telah "bersembunyi" selama 15 tahun di penginapan romantis tersebut.

Di tempat tidur itu, pesta pernikahan Raja Henry VII dan Elizabeth dari York dirayakan, saat akhir Wars of the Rose (di mana Raja Richard III tewas) dan melahirkan dinasti Tudor yang terkenal.

Identitas ranjang ini terungkap setelah hotel yang bersangkutan membuangnya dan meletakannya begitu saja di tempat parkir. Lalu, seorang pedagang barang antik menemukannya dan menyerahkannya ke Victoria and Albert Museum di London pada 21 Januari 2019.

Ketika Ian Coulson, pengoleksi benda kuno dan penjual tempat tidur antik, membeli tempat tidur itu secara daring pada tahun 2010, ia menemukan bahwa usia kayu ek yang dipakai untuk bahan pembuatan ranjang sangat tua.

Terlebih lagi, ornamen ranjang mengisyaratkan asal-usul kerajaan Inggris, National Geographic melaporkan, yang dikutip dari Live Science pada Jumat (8/2/2019).

Ranjang bersejarah itu memiliki tinggi 3 meter, panjang 2 meter dan lebar 1,7 meter, menurut perwakilan The Langley Collection, di mana ranjang itu kini berada.

Keempat tiangnya berujung pada pahatan singa, namun salah satunya di antaranya kehilangan ekor. Ranjang juga dibingkai dengan ukiran tanaman merambat dan perisai heraldik.

Coulson menyebut bahwa ini adalah tempat tidur pengantin kerajaan Inggris dan dimiliki oleh Henry VII.

Muat untuk seorang raja

Ketika Coulson awalnya memeriksa ranjang itu, ia menemukan banyak kerusakan pada kayu ek yang digunakan. Tidak sekokoh tempat tidur yang dibuat selama Era Victoria, dan jumlah oksidasi di tiang tempat tidur akan membutuhkan waktu berabad-abad untuk terakumulasi.

"Wajah-wajah dalam ukiran menyerupai potret Henry VII dan ratunya. Figur-figur itu dikelilingi oleh simbol kesuburan, yakni biji ek, anggur, dan stroberi," tulis sejarawan Jonathan Foyle.

Sementara itu, lambang seperti bintang, perisai, singa dan mawar yang diukir di bingkai tempat tidur, sering dikaitkan dengan royalti Tudor.

"Usia kayu, perangkat kerajaan dan lambang keluarga lainnya, desain yang indah, serta cara pengukiran, meyakinkan saya bahwa ini adalah tempat tidur Raja Henry VII," tulis Coulson.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Satu-Satunya yang Selamat

Analisis DNA kayu menegaskan bahwa kayu itu berasal dari Eropa tengah, dari varietas genetik yang dikenal sebagai Haplotype-7, ditemukan mulai dari Prncis selatan hingga Belarus, dan semuanya berasal dari pohon yang sama, menurut outlet berita daring Hexham-Courant.

Sampel cat di bawah pernis bagian atas ranjang, mengungkapkan bintik-bintik ultramarine, yaitu pigmen Abad Pertengahan berwarna biru jernih. Ini lebih berharga daripada emas dan kemungkinan hanya akan digunakan untuk menghias tempat tidur milik bangsawan.

Pernikahan Henry VII dan Elizabeth of York adalah titik balik dalam sejarah Inggris. Upacara perkawinan ini menyatukan para pesaing York dan Lancaster, juga mengakhiri konflik 30 tahun yang dikenal sebagai Wars of the Roses, meluncurkan dinasti Inggris yang dikenal sebagai Tudor.

Ranjang itu kemungkinan ditempatkan di kamar tidur seremonial di Westminster Palace untuk kesenangan raja dan ratu yang baru menikah, setelah pernikahan mereka di Westminster Abbey pada 18 Januari 1486, tulis Foley.

Sebagian besar barang Tudor dari periode itu hilang, dibakar dalam api yang dibuat oleh anti-royalis, di bawah Oliver Cromwell selama Abad ke-17.

Sampai sekarang, satu-satunya tempat tidur zaman Tudor yang diketahui lolos dari pembakaran itu adalah sebuah bagian kepala ranjang yang dulu dimiliki oleh Henry VIII dan Anne of Cleves, Hexham-Courant melaporkan.

Namun, tempat tidur Henry VII diperkirakan telah selamat dari kebakaran yang terjadi di Westminster Palace karena dikirim ke Lancashire pada tahun 1495, menurut The Langley Collection.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.