Sukses

Respons Tekanan China, AS Kirim Kapal Perang ke Taiwan

Pertama kalinya dalam tahun ini, AS mengirimkan dua kapal perang ke Taiwan. Untuk apa?

Liputan6.com, Taipei - Untuk kali pertamanya dalam tahun 2019, Amerika Serikat (AS) mengirimkan dua kapal perangnya ke Selat Taiwan.

Hal ini dapat dilihat sebagai dukungan Donald Trump untuk Taiwan yang berseteru dengan China. Langkah tersebut dinilai berpotensi meningkatkan tensi hubungan antara AS dengan China, yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari kedaulatannya.

Menteri Pertahanan Taiwan menyatakan pada Kamis 24 Januari 2019 bahwa kapal AS bergerak ke arah utara. Pelayaran kapal perang tersebut dianggap sesuai dengan hukum internasional, sebagaimana dikutip dari Al Jazeera pada Jumat (25/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa Taiwan tengah melakukan operasi untuk memastikan keamanan wilayah lautnya dan stabilitas regional.

Pada Kamis 24 Januari 2019, armada angkatan laut Taiwan juga meluncurkan drone pengawasan jarak jauhnya, bernama Rui Yuan. Menurut sejumlah pejabat, drone tersebut dapat terbang selama 12 jam dan akan membantu memantau pergerakan China.

"Drone sekarang menjadi bagian yang tak tergantikan dari strategi pengintaian kami," ujar juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan, Chen Chung-chi.

"Mereka adalah pilihan utama kita untuk kegiatan di selat," tambahnya.

Hingga berita ini terbit, belum ada tanggapan dari pemerintah China di Beijing.

Saksikan video berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

AS di Tengah Konflik Beijing - Taipei

Peningkatan tensi hubungan antara Taiwan dan China telah terjadi, setidaknya sejak Presiden Tsai Ing-Wen yang memperjuangkan kemerdekaan Taiwan terpilih pada 2016 silam.

Sebagai tanggapan sikap tersebut, China secara konsisten mengirimkan pesawat dan kapal perang untuk berpatroli di perairan Pulau Formosa.

China juga mengirimkan beberapa alat pengebom dan pesawat melalui Bashi Channel atau Terusan Bashi, yang memisahkan Taiwan dan Filipina. Hal itu telah terjadi pada Kamis pagi, 24 Januari 2019, demikian disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Taiwan dalam pernyataan terpisah.

Pada awal Januari lalu, Presiden China, Xi Jinping menyatakan bahwa negaranya akan menggunakan kekuatannya untuk mempertahankan Taiwan. Sebagai respons, Presiden Taiwan, Tsai, menyatakan akan menjaga demokrasi di negara pulaunya dan mengharapkan dukungan internasional.

Taiwan seolah siap untuk melakukan perlawanan. Negara itu telah melakukan beberapa kali latihan militer sejak pidato Xi Jinping.

Meskipun AS tidak memiliki hubungan formal dengan Taiwan, namun kedua negara tersebut terikat oleh hukum bernama Asia Reassurance Initiative Act.

Dalam hukum tersebut AS berkomitmen untuk membantu Taiwan mempertahankan diri. Selain itu, AS juga menjadi pemasok utama persenjataan Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.