Sukses

Orang Tertua di AS dan Veteran Perang Dunia II Meninggal di Usia 112 Tahun

Richard Overton bahkan kini digunakan sebagai nama jalan sebagai penghormatan terhadap dirinya.

Liputan6.com, Texas - Richard Overton, veteran Perang Dunia II sekaligus pria tertua di Amerika Serikat meninggal dunia. Ia menghembuskan napas terakhir pada Kamis 27 Desember 2018 sore pada usia 112 tahun.

Kematian orang tertua di Amerika Serikat itu dikonfirmasi ke CNN oleh Shirley Overton, salah satu kerabat Richard Overton.

"Veteran itu dirawat di rumah sakit karena pneumonia, kata keluarganya seperti dikutip dari CNN, Jumat (28/12/2018).

Overton menjadi sukarelawan bagi Angkatan Darat mulai tahun 1942 dan bertugas bersama Batalyon Teknisi Penerbangan ke-188, unit serba hitam yang bertugas di berbagai pulau di Pasifik.

"Dia ada di sana, di Pearl Harbor ketika kapal perang masih membara. Juga di Okinawa, Iwo Jima, di mana dia berkata 'Saya bisa selamat keluar dari sana dengan karunia Tuhan'," kata mantan Presiden Barack Obama dalam penghormatan terhadap Richard Overton pada upacara Hari Veteran di Arlington National Cemetery tahun 2013.

Saat itu Richard Overton mengatakan kepada CNN bahwa dia tidak suka berpikir atau berbicara tentang perang. Ia mengaku sudah melupakan semua hal itu.

Richard Overton adalah penduduk terlama Austin, Texas, menurut afiliasi CNN, KXAN, yang tinggal di jalan yang kini menggunakan namanya, Richard Overton Avenue sebagai penghormatan terhadap dirinya.

Dia mengatakan kepada CNN pada 2013 bahwa dia bersyukur kepada Tuhan karena hidup begitu lama, tetapi mengatakan dia tidak minum obat apa pun dan menikmati sifat buruknya.

"Aku minum wiski di kopiku. Kadang-kadang aku meminumnya langsung," katanya ketika dia berusia 107 tahun. "Aku merokok cerutu, mengeluarkan asapnya, aku tidak menelannya."

Dalam sebuah pernyataan hari Kamis, Gubernur Texas Greg Abbott menyebut Overton "ikon Amerika Serikat dan legenda Texas."

"Dengan kecerdasan dan semangatnya yang baik, dia menyentuh kehidupan banyak orang, dan saya merasa sangat tersanjung telah mengenalnya," kata Abbott.

"Richard Overton membuat kita bangga menjadi orang Texas dan orang Amerika. Kita tidak pernah bisa membalas jasanya kepada bangsa dan atas dampaknya yang abadi pada Negara Bagian Lone Star," Abbott menambahkan.

Richard Overton akan berusia 113 tahun pada 11 Mei 2019.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi Subjek Film

Pada 2015, Richard Overton pernah menjadi subjek film dokumenter pendek berjudul "Mr. Overton" oleh pembuat film asal Austin, Rocky Conly dan Matt Cooper. Dia mengatakan dalam projek tersebut bahwa dirinya suka makan sup, jagung dan ikan, dan minum susu.

"Dan es krim. Aku makan es krim setiap malam. Itu membuatku senang," katanya. "Terutama butter pecan."

"Aku masih bisa berjalan, bicara, dan mengemudi," kata Overton di depan kamera, sebelum melompat ke truk pickup Ford F100 Custom-nya.

Richard Overton juga mengatakan dalam film itu dia suka pergi ke gereja dan menikmati lagu rohani. Dia juga suka merawat kucing-kucingnya.

"Keluarga dan teman-teman Richard Overton merayakan hari ulang tahunnya yang ke-112 pada Mei lalu dengan mengunjunginya kediamanya," KXAN melaporkan.

"Saya merasa baik-baik saja setiap hari," KXAN mengutipnya saat memberi tahu fotografer di acara tersebut. "Tidak pernah sakit dan kesakitan."

Di pesta itu, seorang teman membuat kaus untuk dijual guna menggalang dukungan untuk perawatan di rumah yang dilakukan Richard Overton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.