Sukses

Salju Longsor, 45 Orang Tewas

Longsor menewaskan 45 orang di timur Afghanistan, Provinsi Nuristan. Jumlah korban bisa saja bertambah mengingat upaya penyelamatan sulit dilakukan di daerah terpencil itu.

Liputan6.com, Parun: Sedikitnya 45 orang tewas akibat longsoran salju yang menghantam Distrik Mandol, Provinsi Nuristan di timur Afghanistan, Senin (12/3) pagi waktu setempat. Akibatnya, 13 rumah penduduk hancur tertimbun salju tebal.

"Insiden tragis terjadi di Desa Guru dan Koshan, Distrik Madol di Senin dini hari. Sejauh ini 45 orang termasuk perempuan dan anak-anak telah dipastikan tewas," kata Wakil Gubernur Mohammad Nabi Qazi Ahmadi.

Ahmadi juga mengatakan bahwa jumlah korban bisa saja bertambah. Sebab, upaya penyelamatan di provinsi yang terletak sekitar 180 km sebelah timur ibu kota Afghanistan, Kabul, termasuk daerah sulit dijangkau dan terpencil.

Beberapa bagian di Afghanistan telah diguyur hujan salju lebat selama satu bulan terakhir. Lebih dari 40 orang telah tewas akibat salju tebal dan cuaca dingin di provinsi pegunungan Badakhshan bulan lalu.

Sementara, puluhan orang termasuk anak-anak meninggal di Kabul akibat tak tahan dengan suhu yang turun drastis hingga beku selama musim dingin. Sebelumya pada awal bulan ini lebih dari 50 orang tewas ketika longsor salju menghantam provinsi tetangga Badakhshan.(TNT/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.