Sukses

Musibah Gempa Tak Halangi Promosi Keindahan Pulau Lombok di Jerman

Sejumlah promosi terkait pesona alam dan budaya di Pulau Lombok dilakukan oleh warga di Jerman.

Berlin - Lombok tengah berupaya bangkit setelah sempat diguncang sejumlah gempa Juli lalu. Sejumlah promosikan terkait pesona alam dan budaya di pulau itu dilakukan oleh warga di Jerman.

Dalam siaran pers yang diterima DW, dikutip Rabu (31/10/2018), Konjen RI Frankfurt, Toferry P. Soetikno, mengatakan bahwa meski telah terjadi beberapa kali gempa bumi, tidak semua wilayah di Lombok terdampak gempa. Ia mencontohkan daerah Lombok Selatan yang tetap dapat dikunjungi wisatawan.

Selain itu, saat ini proses pembangunan kembali juga sedang dilakukan di wilayah utara Lombok yang dalam waktu dekat diharapkan dapat kembali menerima wisatawan asing.

Selain Lombok, Soetikno juga menjelaskan kalau tidak semua wilayah di Sulawesi terkena dampak gempa akhir September lalu. Ia mencontohkan bahwa Manado di Sulawesi Utara tetap aman dikunjungi.

"Lombok telah bangkit kembali dan aman untuk dikunjungi pasca gempa," kata Soetikno dalam acara promosi wisata Indonesia di Kota Duesseldorf, Kamis 25 Oktober 2018.

Dalam acara promosi  bertema "Indonesia: 17.000 Islands of Natural and Cultural Beauty" ini, hadir sekitar 50 orang dari berbagai biro perjalanan dan pariwisata dari kota Duesseldorf dan sekitarnya.

Beberapa peserta menyarankan adanya kegiatan promosi secara spesifik yang dikembangkan Indonesia untuk tujuan wisata terbaru yang bertajuk "10 New Balis".

Strategi ini pernah dilakukan Spanyol untuk mempromosikan wilayah tertentu seperti Mallorca. Generasi millenial Jerman menjadi sasaran utama promosi wisata ini.

Sepuluh Tujuan Wisata Terbaik

Berdasarkan daftar tempat tujuan wisata versi Lonely Planet edisi 2018, Indonesia menduduki peringkat ke tujuh sebagai negara tujuan wisata terbaik untuk dikunjungi pada tahun 2019.

Di laman internetnya, Lonely Planet mengatakan bahwa meski beberapa daerah baru saja diguncang gempa (salah satunya Lombok) dan bencana lain terkait letak geografisnya di wilayah Cincin Api, sebagian besar wilayah Indonesia tetap aman bagi pengunjung.

Indonesia beragam seperti rentangnya yang panjang, dari eko-resor baru yang menawarkan pertemuan orang-utan di Sumatra dengan tradisi kesukuan Papua. Lebih dari 17.000 pulau membentuk berbagai budaya yang dapat dilihat dan dinikmati di antaranya dalam bentuk masakan dari seluruh nusantara.

Dalam daftar tersebut, Sri Lanka menduduki peringkat teratas sebagai negara yang layak dikunjungi pada 2019, sedangkan Jerman ada di posisi ke dua dan Zimbabwe ke tiga.

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.