Sukses

Menlu Retno Marsudi Resmikan Gedung Kantor KJRI Chicago

Gedung Kantor KJRI Chicago yang baru diresmikan ini juga akan menjadi pusat promosi Indonesia di wilayah Midwest Amerika Serikat.

Liputan6.com, Chicago - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi meresmikan Gedung Kantor KJRI Chicago pada Rabu 19 September 2018. Dalam sambutannya, Menlu Retno menyampaikan, gedung ini selayaknya dapat menjadi Rumah Indonesia, khususnya bagi masyarakat Indonesia di AS.

Dikutip dari laman Kemlu.go.id, Rabu (26/9/2018) Gedung Kantor KJRI Chicago yang diresmikan Menlu Retno Marsudi tersebut dibeli pada awal Januari 2018.

Gedung tersebut merupakan bangunan empat lantai seluas 1883 m2, yang terletak di jalan 211 N Carpenter St, Chicago, di sebuah kawasan berkembang bernama Fulton Market.

Nantinya, gedung akan dilengkapi dengan Pusat Kebudayaan Indonesia dan berbagai fasilitas pelayanan kekonsuleran dan kependudukan, serta perlindungan WNI.

"Dengan pembelian gedung sebagai aset milik negara, Pemerintah RI berusaha melakukan efisiensi anggaran. Tentunya pembelian ini dilakukan dengan mekanisme yang transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku," ujar Menlu Retno Marsudi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdiri Sejak 1983

Seluruh fasilitas ini diperuntukkan untuk menunjang pelayanan bagi 12.100 WNI yang tinggal di 13 negara bagian di wilayah akreditasi KJRI Chicago.

Gedung ini juga akan menjadi pusat promosi Indonesia di wilayah Midwest Amerika Serikat.

Diperkirakan, gedung kantor KJRI Chicago siap beroperasi pada awal tahun 2019.

Acara Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan RI di AS, pimpinan Bank Mandiri, perwakilan lembaga keuangan Indonesia di AS dan perwakilan masyarakat Indonesia di Chicago dan sekitarnya.

Sejak berdiri pada tahun 1983, KJRI Chicago telah berpindah gedung sebanyak 5 kali. Semuanya adalah perkantoran sewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini