Sukses

7 Kebiasan Sehari-hari Miliarder yang Patut Dicontoh, Nomor 1 Paling Susah?

Kecuali dapat warisan seabrek, menjadi miliarder adalah sebuah proses yang didukung dengan kebiasaan baik yang membuat seseorang tajir.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai tanpa pengorbanan, kerja keras dan doa. Sebelum menjadi seorang miliarder, seseorang pasti pernah terpuruk dan mengalami saat-saat genting dalam kehidupannya. Namun tidaklah penting berapa kali orang tersebut jatuh, yang penting adalah berapa kali orang itu bangkit.

Sebagian besar orang-orang tajir di dunia, seperti Bill Gates, pernah mengalami kasus demikian. Namun ia tetap berusaha dan mengubah kebiasaan sehari-harinya.

Banyak hal kecil yang rutin dilakukan Bill Gates muda hingga akhirnya, kini ia bisa menikmati hari tua dengan jumlah kekayaan 94,9 miliar dolar Amerika (per tahun 2018).

Salah satu kegiatan yang tak pernah dilewatkan oleh Bill Gates adalah olahraga, tenis menjadi salah satu kesukaannya. Ia mulai bermain tenis sejak masih kanak-kanak.

Biasanya, miliarder yang sekarang berusia 62 tahun itu menghabiskan waktu sekitar 30 menit per hari untuk bermain tenis. Selain itu, ia juga gemar jogging di pagi hari, jalan kaki, dan bersepeda. Menurutnya, latihan seperti itu baik untuk kesehatan tubuh dan pikiran.

Olahraga memiliki efek positif terhadap neuron dan merangsang produksi glukosa yang merupakan 'bahan bakar' terbaik untuk otak manusia.

Selain olahraga, hal sepele apa yang biasa dilakukan oleh miliarder lainnya? Mengutip laman Bright Side, Kamis (30/8/2018), berikut 7 kebiasaan sehari-hari yang umumnya dilakukan oleh orang kaya di dunia.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Bangun Pagi

Semua orang kaya suka bangun lebih awal, biasanya 3 jam sebelum mulai bekerja. Menurut mereka, bangun pagi dapat memberikan banyak waktu untuk bersiap melakukan tugas dan 'ritual' lain, seperti sarapan bersama keluarga, bersih-bersih diri, hingga membersihkan rumah.

Sehingga mereka tidak terburu-buru ketika mendekati jam kerja. Miliarder yang menerapkan aktivitas ini adalah Garrett Gee, seorang pengembang aplikasi dan jurnalis independen.

3 dari 8 halaman

2. Membuat Rencana

Ada pepatah dari seorang miliarder yang berbunyi: "Meski Anda telah kehilangan banyak uang, namun Anda bisa bisa mendapatkannya kembali dalam jumlah dua kali lipat. Tapi tidak halnya dengan waktu."

Jika Anda tidak memiliki rencana yang jelas terhadap masa depan Anda, maka Anda tidak dapat mencapai kesuksesan. Inilah sebabnya mengapa semua jutawan merencanakan waktu mereka, membuat daftar yang harus dilakukan dan menetapka target yang harus dicapai terlebih dahulu dalam satu hari.

Steve Jobs mengatakan bahwa kesabaran dan perencanaan yang tepat adalah kunci menuju sukses.

4 dari 8 halaman

3. Jangan Terlalu Sering Nonton Televisi

Seorang miliarder jarang sekali menonton acara-acara yang ditayangkan di televisi. Mereka terbiasa menghabiskan waktu untuk kerja dan kegiatan pribadi mereka dengan cara yang produktif. Umumnya, mereka cenderung lebih suka membaca buku, jalan-jalan ke luar kota atau daerah, berolahraga, hingga bersosialisasi dengan berkumpul bersama teman-teman.

Garret Gee mengatakan, temukan 3 hobi yang bisa menghasilkan uang, menjadikan kita kreatif, dan membuat hidup kita tetap sehat.

5 dari 8 halaman

4. Meditasi

Meditasi adalah cara yang bagus untuk meredakan tekanan batin. Kegiatan ini berdampak positif pada suasana hati dan perilaku kita, membantu kita menemukan ide-ide segar dan kreatif, serta membuat kita lebih santai.

Oprah Winfrey rutin melakukan meditasi.

6 dari 8 halaman

5. Membaca Buku

Semua orang tahu bahwa seorang miliarder --yang umumnya adalah pengusaha-- tidak punya cukup waktu luang dan sangat sibuk. Jadi, mereka membaca buku bukan hanya karena hobi, tapi juga untuk menambah pengetahuan. 

Seorang miliarder sering membaca buku tentang pengembangan diri sendiri, sejarah, dan biografi orang terkenal. Bon Jovi adalah contoh jutawan yang gemar membaca.

7 dari 8 halaman

6. Tidak Meniru Gaya Berbusana Orang Lain

Banyak orang kaya memiliki gaya berpakaiannya sendiri, yang identik dan khas, serta tidak 'latah' terhadap mode yang semakin modern dan tak jarang menuntut.

Mereka cenderung mengenakan pakaian yang sama selama bertahun-tahun. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, adalah contoh nyatanya.

Mark Zuckerberg pamer isi lemarinya, di mana terdapat pakaian dengan warna senada dan model yang serupa. (Facebook)

8 dari 8 halaman

7. Bepergian dengan Kendaraan Umum

Orang kaya sejati tidak akan pernah sombong. Dalam kehidupan sehari-hari, mereka terbiasa menggunakan transportasi umum dan suka berjalan kaki, atau mengendarai sepeda. Bill De Blasio, walikota New York, membuktikannya.

Bahkan ketika seorang miliarder memutuskan untuk membeli mobil, mereka biasanya tidak membeli model kelas atas hanya untuk pamer. Mereka tidak mengganti mobil setiap tahun, hanya karena mereka mampu.

Seorang miliarder biasanya harus menunggu hingga 10 tahun untuk mengganti mobil, sebab mereka sangat memperhitungkan segala sesuatunya.

Misalnya, Leonardo DiCaprio mengendarai Toyota Prius, padahal ia bisa membeli lebih dari itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder