Sukses

India dan China Berkomitmen Saling Jaga Perdamaian di Perbatasan

Militer India dan China telah menyatakan komitmen untuk saling menjaga perdamaian di kawasan perbatasan.

Liputan6.com, Beijing - Menteri Pertahanan China Wei Fenghe dan Perdana Menteri India Narendra Modi sepakat untuk saling menjaga perdamaian di kawasan perbatasan, sekaligus memantapkan komitmen memperbaiki hubungan militer kedua negara.

Wei, yang juga seorang jenderal di Tentara Pembebasan Rakyat, mengatakan kepada PM Modi selama kunjungan ke New Delhi, bahwa kerja sama persahabatan telah menjadi komponen utama hubungan antar-militer Tiongkok dan India, sebagaimana yang disampaikan oleh Kementerian Pertahanan China pada Selasa, 21 Agustus, malam.

Dikutip dari South China Morning Post pada Rabu (22/8/2018), pertemuan tersebut merupakan kunjungan pertama menhan China ke kawasan perbatasan dengan India.

"Kunjungan ini ... akan memperdalam hubungan bilateral di isu militer, sekaligus meningkatkan rasa saling percaya, dan mendorong pengembangan baru dalam mempertahankan perdamaian di perbatasan," kata Wei.

Sebaliknya, PM Modi memuji "ribuan tahun persahabatan" antara India dan China, mengatakan pertemuan sebelumnya dengan Presiden Xi Jinping telah menghasilkan hubungan yang baik.

Bersamaan dengan agenda terkait, Wei Fenghe juga dijadwalkan segera bertemu dengan Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman, di mana keduanya akan membahas lebih lanjut keamanan dan stabilitas di perbatasan.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Simak video pilihan berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Berseteru

Antara Juni dan Agustus tahun lalu, ratusan tentara India dan Cina terlibat konfrontasi militer selama 73 hari di Doklam, sebuah wilayah yang diperebutkan oleh Negeri Tirai Bambu dan Bhutan.

India menentang rencana pembangunan infrastruktur di kawasan tersebut oleh China, sehingga satuan penjaga perbatasan kedua negara pun terlibat konflik, yang disebut sebagai konfrontasi paling serius sejak perang perbatasan Sino-Hindi pada 1962 silam.

Hubungan antara keduanya terus membaik dalam beberapa bulan terakhir, menyusul pertemuan tatap antara Presiden Xi dan PM Modi di sela-sela KTT Organisasi Kerjasama Shanghai pada Juni dan pada KTT ekonomi negara berkembang bulan lalu.

Kedua pemimpin akan bertemu lagi di Argentina pada akhir tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India