Sukses

Mirip Jailangkung, 8 Permainan Ini Konon Bisa Memanggil Hantu

Liputan6.com, Jakarta - Sewaktu kecil dulu, biasanya orang-orang suka mendengarkan dongeng yang dikisahkan oleh nenek mereka menjelang tidur. Entah mengapa, anak-anak begitu tertarik dan penasaran dengan cerita yang dituturkan neneknya.

Berbagai macam genre diceritakan, mulai dari negeri khayalan, legenda, mitos, jenaka, hingga horor. Meski tak banyak anak kecil yang menyukai kisah menyeramkan, namun beberapa di antara mereka mengaku tidak takut dengan cerita-cerita hantu.

Salah satu permainan tradisional khas Nusantara yang sarat akan nuansa horor adalah jailangkung. Pada zaman dahulu kala, jailangkung umumnya dilakukan sebagai ritual untuk memanggil entitas supernatural.

Media yang digunakan untuk menampung makhluk halus yang dipanggil dalam permainan jailangkung adalah sebuah gayung air, biasanya terbuat dari tempurung kelapa yang dipakaikan baju dan bergagang batang kayu.

Karena sifatnya yang berupa ritual untuk memanggil dan berkomunikasi dengan makhluk halus, permainan jailangkung kemudian berkembang memunculkan mitos-mitos hantu atau kesurupan sebagai imbas untuk orang yang memainkannya.

Konon, bila permainan ini diakhiri tanpa melepas atau berpamitan dengan makhluk halus yang masuk ke dalam boneka, makhluk gaib tersebut bisa murka dan dapat membuat masalah untuk para pemanggilnya.

Selain jailangkung yang terkenal di Indonesia, ada sejenis permainan menyeramkan lain yang berasal dari berbagai penjuru dunia.

Dikutip dari laman Wonderlist, Sabtu (18/8/2018), inilah 8 permainan menyeramkan yang katanya bisa mendatangkan hantu. Jangan dicoba!

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan live streaming Asian Games 2018 di bawah ini:

2 dari 9 halaman

1. Light as a Feather, Stiff as a Board

Anda tidak memerlukan alat khusus untuk memainkan "Light as a Feather, Stiff as a Board". Cukup satu orang yang bersedia untuk ikut ambil bagian dari permainan ini.

Dia berbaring di lantai dan Anda beserta teman-teman Anda yang lain harus berlutut. Masing-masing orang yang berlutut kemudian menempatkan dua jari di bawah orang yang berbaring.

Lalu mulailah mengucapkan "light as a feather, stiff as a board" secara berulang, sambil menutup mata. Jika Anda sedang beruntung, konon arwah atau makhluk halus yang berada di sekitar Anda akan menopang orang yang berbaring tadi sehingga tubuhnya bisa melayang.

3 dari 9 halaman

2. Papan Ouija

Meskipun papan ouija umumnya dijual sebagai permainan anak-anak, namun sebenarnya benda ini punya makna lain.

Pada awalnya papan Ouija dikenal pada Abad ke-19 sebagai "papan yang bisa berbicara". Iklan dari papan ini mendeskripsikan, papan sihir tersebut merupakan papan yang dapat menjawab berbagai pertanyaan pada masa lalu, masa kini, bahkan masa depan.

Kemunculan papan ini menjadi populer di Amerika. Apalagi pada saat itu kebanyakan orang masih percaya hal-hal supranatural. Bahkan, mereka juga percaya bahwa papan permainan tersebut merupakan media komunikasi dengan orang-orang terdekat yang sudah meninggal.

Kini, Anda bisa mendapatkan papan ouija dengan mudah di toko mainan apa pun di luar negeri.

Ouija juga dikenal sebagai papan roh atau papan yang dapat bicara dengan bentuknya datar. Papan ini identik dengan huruf abjad, angka 0–9, kata "ya", "tidak", "halo" (tidak semua papan ouija ada kata ini), dan "selamat tinggal" , berbagai simbol dan grafik, juga sepotong kayu berbentuk hati kecil yang disebut planchette.

Cara memainkannya yaitu letakkan jari-jari Anda di atas planchette dan benda ini konon bisa bergerak dengan sendirinya karena ulah hantu. Pergerakan tersebut akan mengeja kata-kata atau kalimat yang ingin diutarakan oleh hantu di sekitar Anda.

Anda bisa bertanya apa pun kepada si hantu dan hantu ini akan menjawab setiap pertanyaan Anda dengan menggerakkan planchette ke huruf-huruf, angka, simbol yang ada di papan agar bisa dibaca oleh Anda nantinya.

4 dari 9 halaman

3. Three Kings Cross

Ini juga permainan paranormal yang sangat terkenal. Tempatkan tiga kursi secara berjajar di tempat yang gelap dan tidak memiliki cahaya sedikitpun. Letakkan dua cermin berukuran besar di atas dua kursi, pastikan kursi yang berada di tengah kosong.

Sekitar tengah malam pukul 12.00 atau 01.00, Anda harus memasuki ruangan ini dengan membawa benda-benda kesayangan Anda semasa kecil. Tempatkan mereka di manapun yang Anda mau.

Setelah itu, biarkan barang-barang tersebut ada di sana dan buka lebar pintu ruangan gelap itu.

Sekitar pukul 03.00 dini hari, kembalilah ke ruangan tersebut dan periksalah, apakah semua benda-benda milik Anda masih berada di posisi semula?

Tetap diam di tempat hingga tepat pukul 03.33. Ketika jam sudah menunjukkan angka tersebut, berdirilah di hadapan kursi kosong sambil memegang lilin yang menyala.

Sekarang, lihat bayangan Anda di cermin. Jika 'beruntung', konon Anda akan melihat sosok gaib di sekitar Anda dan mungkin mencoba berkomunikasi dengan Anda.

5 dari 9 halaman

4. Permainan Bak Mandi

Permainan ini pada dasarnya adalah ritual dari Jepang. Konon, hantu yang muncul dalam permainan ini akan mengikuti Anda sepanjang hari dan mencoba menangkap Anda.

Untuk memainkannya, Anda harus pergi ke bak mandi Anda sebelum tidur. Lepaskan semua pakaian Anda alias telanjang. Isi bak mandi dengan air, dan matikan semua lampu rumah. Ketika Anda memasuki bak mandi, Anda harus menghadap ke keran.

Lalu, tutup mata Anda dan mulailah keramas. Di saat yang bersamaan, dendangkan "Daurama-sen jatuh" (Daurama-sen fell down) sampai Anda selesai mencuci rambut.

Bila beruntung, konon Anda akan melihat sosok bayangan wanita Jepang yang berdiri di dekat bak mandi dan jatuh pada keran di bak mandi dengan menembus matanya.

Segera setelah Anda merasakan kehadiran hantu ini, tanyakan padanya, "Mengapa kamu jatuh ke dalam bak mandi?"

Jangan menunggu jawaban apa pun darinya. Lekas keluar dari kamar mandi, tutup dan kunci pintu kamar mandi, dan segera tidur.

Keesokan paginya, Anda akan merasakan kehadiran hantu wanita tersebut di sekitar Anda. Sepanjang hari, dia akan selalu mengikuti Anda. Yang harus Anda lakukan adaalah jaga jarak darinya.

Ketika Anda melihat sosokya muncul di belakang bahu kanan Anda, Anda harus menyerukan kata "Kitta!" dan lakukan gerakan memotong ala karate. Jika Anda tidak melakukannya dengan benar, maka dia akan muncul dalam mimpi Anda.

6 dari 9 halaman

5. Bloody Mary

Dongeng tentang Bloody Mary cukup populer di negara Barat, terlebih di Inggris, sebab nama ini merujuk pada Ratu Mary I.

Hal yang perlu Anda lakukan untuk memainkan permainan ini adalah menyalakan sebuah lilin dan pegang menggunakan tangan Anda. Lalu berdirilah di hadapan cermin dengan kondisi gelap gulita (lampu dimatikan).

Lihat bayangan Anda di cermin sambil mengucapkan "Bloody Mary" sebanyak tiga kali.

Konon cara ini bisa memanggil arwah seorang wanita bernama Mary Worth (Mary Worthington, tergantung mitos di tiap negara). Dia akan keluar dari dalam cermin dalam kondisi yang berlumuran darah dan bisa melakukan apa saja untuk Anda.

Mary dikisahkan meninggal di depan cermin. Beberapa juga mengatakan kalau meninggal dibunuh dengan kejam oleh kekasihnya atau teman kencannya. Sebagian orang menganggapnya seorang penyihir.

Arwahnya terperangkap di dalam cermin sehingga tidak bisa keluar, kecuali ada seseorang yang membuka jalannya. Lantaran terlalu lama terperangkap di dalam cermin, jiwanya menjadi marah, hampa dan bisa melakukan hal-hal di luar batas kemanusiaan.

7 dari 9 halaman

6. Dry Bone

Ini seperti permainan petak umpet, tetapi main bareng setan. Jika Anda memenangkan permainan, Anda mendapatkan imbalan sesuai pilihan Anda sendiri. Dan, jika Anda kalah, maka situasinya bisa memburuk.

Bila Anda masih ingin memainkan permainan ini, pergilah ke kamar mandi pada pukul 12.01 sambil membawa cermin. Nyalakan lilin sembari menatap cermin. Ucapkan kalimat "Saya sadar akan kehadiranmu dan saya menyambutmu" secara berulang.

Setelah itu, ambil langkah seribu ke sebuah ruangan yang lebih luas di dalam rumah dan bersembunyi. Tepat pukul 03.00 dini hari, katakan "Terima kasih sudah bermain, tetapi kamu harus pergi sekarang. Kamu tidak lagi diterima di rumahku."

Jika Anda mendengar suara, maka makhluk gaib tersebut setuju.

8 dari 9 halaman

7. Permainan Bayangan Hitam

Jenis permainan ini lebih sering dilakukan untuk sebuah ritual dan banyak orang berpikir bahwa permainan ini bisa membawa keberuntungan. Anda hanya perlu memegang cermin tangan dan menatapnya.

Cobalah untuk memfokuskan semua pikiran negatif yang ada di kepala Anda. Pegang sebuah lilin yang menyala sampai Anda melihat kemunculan bayangan hitam.

Saat itu juga, pecahkan cermin tersebut. Konon banyak hal terjadi setelahnya. Ada yang bilang bahwa permainan ini bisa membawa keberuntungan, namun tak sedikit pula yang berkata bahwa permainan ini bisa mendatangkan kesialan.

9 dari 9 halaman

8. Petak Umpet Seorang Diri

Permainan ini juga dikenal sebagai Hitori Kakurenbo yang berasal dari Jepang. Dalam permainan tersebut, Anda akan bermain petak umpet dengan boneka. Yang perlu Anda lakukan adalah mengambil boneka kain, keluarkan isinya.

Isi kembali dengan nasi dan potongan kuku Anda. Jahit boneka dengan benang merah. Apabila benang tersisa, maka harus dililitkan di sekitar boneka.

Selanjutnya, letakkan boneka di dalam bak yang telah Anda isi dengan air dan matikan semua lampu rumah. Setelah beberapa waktu, kembali ke tempat Anda menyimpan boneka itu.

Jika boneka itu tidak ada di tempat semula, maka permainan petak umpet telah dimulai.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita 2 Wanita yang Ngaku Hubungan Seks dengan Hantu
Artikel Selanjutnya
Bikin Merinding, Sesosok Bayangan Diduga Hantu Menyeberang Jalan di Filipina