Sukses

Jangan Dibuang, Ini 3 Manfaat Serabut Putih pada Buah Jeruk

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengupas kulit jeruk sampai benar-benar bersih. Termasuk membersihkan serabut-serabut putih yang terdapat pada buah jeruk.

Liputan6.com, Jakarta - Jeruk adalah salah satu buah yang jadi favorit bagi masyarakat di seluruh dunia. Selain karena sebagai sumber vitamin C, buah yang identik dengan warna jingga terang ini juga mudah didapatkan dan terjangkau.

Kandungan vitamin yang dimiliki jeruk membuatnya kerap dijadikan buah tangan saat menjenguk orang sakit.

Jeruk sendiri termasuk ke dalam tumbuhan berbunga anggota citrus dari suku Rutaceae. Rasa asam yang dimiliki buah ini berasal dari kandungan asam sitrat yang ada dalam jeruk. Diketahui, jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara.

Sebagian orang mungkin akan memilih untuk mengupas kulit jeruk sampai benar-benar bersih. Termasuk membersihkan serabut-serabut putih yang terdapat pada buah jeruk.

Padahal serabut-serabut putih tersebut juga berkhasiat bagi tubuh. Serabut putih ini berfungsi sebagai pelindung dalam buah jeruk yang juga dikenal dengan nama albedo.

Apa sajakah manfaat serabut putih pada jeruk? Berikut jawabannya:

 

Reporter: Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sumber Serat

Meski serabut putih pada jeruk rasanya cenderung hambar. Namun ternyata bagian pelindung buah jeruk ini mengandung serat yang tinggi.

Memang jeruk merupakan buah yang kaya akan serat, akan tetapi jika dikonsumsi dengan menghilangkan serabut putihnya kandungan serat pun akan berkurang.

Bahkan menghilangkan serabut putih bisa mengurangi 30 persen kandungan serat pada jeruk. Jenis serat yang terdapat dalam serabut putih tersebut adalah pektin. Pektin sendiri dikenal mampu melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, pektin juga merupakan serat yang dapat mengikat kolesterol dan trigliserida yang berlebih.

3 dari 4 halaman

2. Sumber Vitamin C

Buah jeruk memang terkenal sebagai buah yang kaya vitamin C. Nah ternyata selain daging buahnya, serabut putih pada jeruk juga kaya akan vitamin C.

Bahkan jumlah vitamin C yang terkandung dalam serabut-serabut putih ini hampir sama dengan yang dimiliki buah jeruknya. Vitamin C sendiri mampu membantu menjaga kesehatan kulit dengan melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi.

Selain itu, vitamin C juga memiliki peranan penting untuk membantu produksi kolagen kulit sehingga dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

4 dari 4 halaman

3. Kaya Antioksidan

Siapa yang menyangka ternyata serabut putih pada jeruk memiliki kandungan antioksidan berbentuk flavonoid dengan jumlah yang berlimpah.

Ada dua jenis flavonoid yang terdapat dalam serabut putih pada jeruk, naringen dan hisperidin. Sama seperti antioksidan lainnya, kedua jenis antioksidan ini memberikan perlindungan yang kuat bagi sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, naringen juga mempunyai keunggulan sebagai zat yang mampu mengurangi lonjakan gula darah. Itulah mengapa mengonsumsi jeruk dengan serabut putihnya sangat baik khususnya bagi orang penderita diabetes.

Hisperidin juga memiliki keunggulan lain, zat ini diduga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol serta membantu memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.