Sukses

Ini Menu di KTT Korea Utara-Korea Selatan yang Diprotes Jepang

Liputan6.com, Seoul - Sejumlah hidangan khusus konon akan disediakan saat KTT Korea Utara-Korea Selatan digelar pada Jumat, 27 April 2018 di Panmunjom Peace Village. Hal itu diutarakan oleh Blue House, istana kepresidenan Korea Selatan.

Kendati demikian, Jepang memprotes pilihan hidangan penutup yang akan disajikan dalam pertemuan tingkat tinggi tersebut. Mengapa?

Seperti dikutip dari BBC (25/4/2018), Kementerian Luar Negeri Jepang 'memprotes keras' rencana panitia pertemuan yang akan menyajikan mousse mangga dengan garnish topping yang menampilkan pulau-pulau sengketa di Semenanjung Korea.

Gambar yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan hidangan penutup berupa mango mousse yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April nanti. (THE BLUE HOUSE via AP)

Selain itu, rencana tersebut juga menyebut bahwa kursi kenari yang akan digunakan selama KTT juga menampilkan peta pulau-pulau yang sama.

Pulau-pulau yang dimaksud tengah dipersengketakan oleh KoreaSelatan dan Jepang. Wilayah itu dikendalikan oleh Seoul, tetapi Tokyo turut mengklaimnya.

Jepang menduduki Semenanjung Korea dari 1910 - 1945, sampai Negeri Sakura kalah pada akhir Perang Dunia II.

Ketegangan atas status dua pulau utama dan sekitar 30 batu kecil itu, yang dikenal sebagai Dokdo dalam bahasa Korea dan Takeshima dalam bahasa Jepang, tetap berlanjut sampai saat ini.

 

 

Saksikan juga video ini:

 

 

2 dari 2 halaman

Makanan Ala Swiss Hingga Tradisional Korea

Dalam KTT Korea Utara-Korea Selatan, Seoul akan menghidangkan pula kuliner kesukaan Kim Jong-un semasa muda, yaitu Rosti atau Roshcti khas Swiss.

Gambar tak bertanggal yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan hidangan Swiss bernama Rosti yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April nanti. (THE BLUE HOUSE via AP)

Dalam menu santap malam bersama pada Jumat, 27 April nanti akan disajikan menu tradisional Korea yakni mie dingin ala Pyongyang yang bernama naengmyeon -- pasta yang disajikan dalam kaldu daging dingin.

"Presiden Moon telah meminta mie dingin bergaya Pyongyang dari Okryu Gwan dimasukkan dalam menu dan Korea Utara dengan senang hati menerima," kata Juru Bicara Kepresidenan The Blue House, Kim Eui-kyeom.

Okryu Gwan adalah restoran Korea Utara yang terkenal dengan hidangannya, dan memiliki cabang di Tiongkok.

Mie dingin akan dibuat oleh kepala koki Okryu Gwan, yang akan melakukan perjalanan ke Panmunjom di mana kedua pemimpin akan bertemu pada hari Jumat, kata juru bicara The Blue House.

Kim Jong-un dan Moon Jae-inakan disajikan anggur harum yang terbuat dari azalea.

Mereka juga akan disajikan munbaeju, minuman beralkohol dengan ABV (alcohol based volume) 40 persen yang berasal dari Korea Utara -- yang sekarang secara tradisional juga dibuat di Korea Selatan.

Sejumlah menu lain seperti cold octopus salad juga kabarnya akan dihidangkan pada acara tersebut.

Gambar yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan Gurita dihiasi dengan saus jeruk dingin yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April nanti. (CREDITHO/AFP/THE BLUE HOUSE)

Lainnya adalah Pyeonsu, pangsit dengan ikan croaker, dan teripang.

Gambar tak bertanggal yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan hidangan khas kota Sinan yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April nanti. (CREDITHO/AFP/THE BLUE HOUSE)

Menu Barbecued beef atau daging barbekyu juga disebut-sebut sebagai salah satu menu dalam sajian di acara penting bagi kedua Korea.

Gambar yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan daging sapi dari sapi Hanwoo asli Korea Selatan, yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Moon Jae In pada 27 April nanti. (THE BLUE HOUSE via AP)

Sajian ikan lainnya yang berada dalam daftar hidangan adalah kakap merah kukus dan ikan lele.

Gambar yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan hidangan kakap merah kukus dan ikan lele yang akan disajikan pada pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae In pada 27 April nanti. (CREDITHO/AFP/THE BLUE HOUSE)

Kue beras dan teh pun disebut dalam daftar menu. Seperti sajian tradisional khas Korea lainnya: bibimbap, roast dalgogi.

Gambar yang dirilis pada 24 April 2018 memperlihatkan teh dibuat dengan jamur pinus dan orange jus dari pulau Jeju yang akan disajikan dalam pertemuan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae. (THE BLUE HOUSE via AP)

Artikel Selanjutnya
Donald Trump Batalkan Penunjukan Dubes AS untuk Australia
Artikel Selanjutnya
Jepang Protes Menu Penutup dalam Pertemuan Presiden Korsel dan Kim Jong-un