Sukses

Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Australia, Fenomena Apa?

Liputan6.com, Melbourne - Sebanyak 150 paus pilot sirip pendek (Globicephala macrorhynchus) terdampar di pantai Australia Barat. Sayangnya, hanya 15 ekor yang berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke laut lepas dalam kondisi hidup, sisanya mati.

Para relawan, dokter hewan, dan petugas satwa liar berduyun-duyun mendatangi Hamelin Bay pada Jumat pagi waktu Australia guna mengevakuasi mamalia laut itu.

Mereka menemui kendala ketika akan memindahkan hewan-hewan tersebut ke air, yaitu angin kencang akibat badai tropis. Hingga pukul 00.00 malam, sebagian besar paus tersebut telah mati.

"Sayangnya, sebagian besar paus yang terdampar tidak selamat," kata salah satu relawan, Jeremy Chick, dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari ABC Perth, Jumat (23/3/2018).

Paus pilot sirip pendek (Globicephala macrorhynchus) terdampar di Hamelin Bay, Australia Barat pada Jumat, 23 Maret 2018. Hanya 15 ekor yang hidup dan dilepaskan ke laut, sisanya mati. (Department of Biodiversity, Conservation and Attractions)

"Hanya ada 15 ekor yang selamat dan berhasil dikembalikan ke habitat aslinya di laut hari ini.... Upaya penyelamatan terhambat oleh kondisi cuaca yang memburuk dan kami perlu memastikan keselamatan semua orang yang membantu jalannya evakuasi, sebelum memindahkan paus-paus itu."

Untuk sementara waktu, pihak berwenang telah menutup Hamelin Bay. Mereka juga memperingatkan adanya hiu di area perairan itu.

Paus pilot sirip pendek memang sering mendamparkan diri secara massal, menurut WA Parks and Wildlife Service.

Insiden terdamparnya paus paling parah di Australia Barat terjadi pada tahun 1996, ketika 320 paus pilot sirip panjang (Globicephala melas) ditemukan terdampar di barat daya Dunsborough, sebelah barat daya Australia Barat.

Kejadian serupa terjadi di Farewell Spit, Selandia Baru, pada Februari 2017, di mana 416 paus pilot sirip panjang terdampar. Fenomena ini dikatakan sebagai insiden terburuk sepanjang sejarah negara itu.

Petugas dari WA Parks and Wildlife Service telah mengambil sampel DNA dari ikan paus yang mati di Hamelin Bay untuk mencari petunjuk mengapa hewan-hewan laut itu terdampar.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Perilaku Unik Paus Pilot Sirip Pendek

Paus pilot sirip pendek dapat ditemukan di perairan beriklim hangat dan perairan tropis di berbagai penjuru dunia. Umumnya, mereka hidup jauh dari pantai.

Di laut, paus pilot sirip pendek agak sulit untuk dibedakan dengan kerabatnya, paus pilot sirip panjang. Keduanya banyak memiliki kesamaan fisik, hanya saja paus pilot sirip panjang cenderung lebih besar dan mempunyai ciri khas tertentu.

Nama paus pilot sendiri berasal dari kepercayaan bahwa pemimpin kelompok (pod leader), berperan sebagai "pilot" dari kelompok mamalia tersebut. Pengikutnya akan mengikuti ke mana pun pemimpinnya pergi, meski keputusan tersebut dapat membahayakan paus pengikut.

Paus pilot sirip pendek hidup secara nomaden, tanpa pola migrasi yang diketahui secara pasti. Namun, pergerakan paus umumnya dipengaruhi oleh keberadaan makanan. Mereka cenderung bergerak mendekati pantai ketika musim pemijahan cumi-cumi telah tiba.

Di selatan California, paus pilot sirip pendek lebih banyak ditemukan ketika musim pemijahan cumi-cumi. Sementara itu, ketika cumi-cumi ada dalam jumlah yang kecil, paus ini jarang terlihat di dekat pantai.