Sukses

Sekarang Berukuran Kecil, Ternyata 7 Hewan Ini Dahulunya Raksasa

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ilmuwan meyakini bahwa evolusi itu nyata, misalnya saja zaman dahulu ada hewan raksasa. Perubahan iklim dan bentang alam menjadi beberapa hal yang menyebabkan hewan dan tumbuhan beradaptasi, sehingga terjadilah evolusi.

Salah satu hewan yang pernah berukuran raksasa adalah hiu Megalodon. Hiu yang hidup sekitar 23 juta hingga 2,6 juta tahun tersebut, bisa tumbuh hingga sepanjang 18 meter.

Selain Megalodon, sejumlah hewan lain pun pernah menjadi raksasa pada jutaan tahun lalu. Seperti dikutip dari Live Science, Selasa (20/3/2018), berikut 7 di antaranya:

 

 

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

1 dari 3 halaman

Sloth hingga Penguin

1. Sloth

Megalonyx jeffersonii merupakan sloth terbesar di dunia yang pernah tercatat. Hewan tersebut dapat tumbuh hingga 3 meter dengan berat mencapai 1 ton.

Ukuran tersebut berkali-kali lipat lebih besar dibanding sloth saat ini, yang memiliki bobot kurang dari 9 kg.

2. Cheetah

Acinonyx pardinensis menyantap mangsanya dengan bobot total 7.500 kg per tahun. Hal tersebut melebihi predator lain di komunitasnya pada 1,8 juta tahun lalu, di tempat yang saat ini bernama Republic of Georgia.

A. pardinensis memiliki bobot sekitar 110 kg, sekitar dua kali lipat berat sepupu cheetah modern Acinonyx jubatus.

3. Berang-Berang

Berang-berang raksasa seukuran serigala pernah tinggal 6,2 juta tahun lalu di tempat yang sekarang bernama China.

Berang-berang dengan nama latin Siamogale melilutra itu memiliki bobot 50 kg. Angka tersebut dua kali lebih berat dari berang-berang modern Pteronura brasiliensis dan empat kali dari berang-berang Lutra lutra.

4. Penguin

Penguin terbesar yang pernah hidup di dunia adalah Palaeeudyptes klekowskii. Hewan yang hidup 37 juta tahun lalu itu memiliki tinggi 2 meter dan berbobot 115 kg.

Penguin kedua terbesar yang pernah hidup adalah Kumimanu biceae. Tingginya dapat mencapai 1,8 meter dengan bobot 100 kg.

2 dari 3 halaman

Kanguru hingga Salmon

5. Kanguru

Kanguru terbesar yang pernah tercatat adalah Golrio Procoptodon. Hewan tersebut berbobot 240 kg, atau sekitar tiga kali bobot kanguru saat ini.

6. Capung

Pada 360 juta hingga 300 juta tahun lalu, Meganeura terbang di langit kaya oksigen. Kala itu, serangga karnivora tersebut memiliki panjang 30 cm, atau 4,5 kali dari capung modern.

7. Salmon Bergigi Tajam

Pada 11 juta hingga 5 juta tahun lalu, salmon berbobot 180 kg yang memiliki gigi seperti belati pernah hidup di Samudera Pasifik. Ikan raksasa bernama Oncorhynchus rastrosus itu dapat tumbuh hingga 2,7 meter.

Menurut Fishbase.org, salmon chinook bernama latin Oncorhynchus tshawytscha tumbuh sekitar 70 cm.

Artikel Selanjutnya
Temuan Cumi Raksasa, Bikin Heboh Warga di Pulau Ini
Artikel Selanjutnya
Kura-Kura Berambut Mohawk, Spesies Reptil Paling Terancam di Bumi