Sukses

Mengenal Agnes Varda, Nominator Piala Oscar Tertua di Dunia

Liputan6.com, Hollywood - Sepanjang sejarah Piala Oscar, belum pernah ada sosok seperti Agnes Varda, yang menjadi nominator tertua di ajang penghargaan paling bergengsi di industri perfilman dunia itu.

Tahun ini, Agnes yang telah menginjak usia 89, berhasil masuk ke dalam nominasi film dokumenter terbaik.

Dilansir dari ABC News pada Minggu (4/3/2018), kiprah Agnes di ranah sinema telah berlangsung selama lebih dari 60 tahun, namun baru benar-benar masuk di nominasi pada penyelenggaraan Piala Oscar ke-90 tahun ini.

Selama kurun waktu tersebut, Agnes berhasil menelurkan lebih dari 50 judul film, di mana ia mengaku berusaha untuk selalu membuat karya sinema yang unik.

"Saya 'beredar' dari satu film ke film lainnya, hanya dengan satu tujuan, menjadi seorang seniman," ujar Agnes.

"Saya tidak pernah melihat kerja keras saya sebagai sebuah karier, sehingga saya tidak merasakan tekanan apapun ketika diberi tahu masuk ke dalam kompetisi (Piala Oscar) ini," lanjutnya menjelaskan.

Film berjudul Faces Places merupakan karya dokumenternya yang berhasil masuk ke dalam nominasi Piala Oscar 2018.

Di dalam film hasil kolaborasi dengan seniman fotografi JR, Agnes bercerita tentang perjalanan menemui beragam orang dan komunitas masyarakat di berbagai kawasan terpencil di Prancis.

"Melalui film ini, saya dan JR berharap dapat membantu membuat dunia yang lebih bersahabat. Bahwa bertemu dengan orang baru, jangan selalu dianggap menakutkan," tukasnya.

 

 Simak video mengenai prediksi gerakan warganet pada penyelenggaraan Piala Oscar 2018 berikut: 

1 dari 2 halaman

Academy Awards 2018 Hadir Lebih Spesial

Sementara itu, ajang penghargaan Academy Awards ke-90 akan digelar pada hari Minggu malam, atau Senin pagi, 5 Maret 2018, waktu Indonesia bagian barat.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penganugerahan Piala Oscar 2018 dianggap lebih spesial, di mana dianggap tak lagi didominasi oleh para sineas kulit putih.

Pada 2016, Academy Awards banyak mendapatkan kritik pedas. Ajang penghargaan tertinggi di dunia perfilman itu dianggap rasis karena hanya menampilkan aktor dan aktris kulit putih di jajaran para nominator.

Tanda pagar (tagar) #OscarSoWhite (Oscar sangat kulit putih) banyak menghiasi laman Twitter pada 2016. Kini, berganti dengan tagar #OscarNotSoWhite (Oscar tak lagi kulit putih).

Selain itu, Oscar 2018 juga akan dipenuhi oleh aktor-aktor kukit hitam yang akan naik ke panggung sebagai pembawa acara atau menyerahkan penghargaan hingga memberikan hiburan.

Nama-nama seperti Denzel Washington, Octavis Spencer, Daniel Kaluuya, dan penampilan dari Mary J Blige akan menghiasi Oscar 2018.

Artikel Selanjutnya
Lebih Mahal dari Yacht, Ini Kapal Termewah untuk Para Miliarder
Artikel Selanjutnya
Pergoki Pasangan Mesum di Mobil Goyang, PM Inggris Salah Tingkah