Sukses

Taburkan Baking Soda di Atas Kasur, Ini yang Terjadi Kemudian

Liputan6.com, Jakarta - Tempat tidur yang kita gunakan untuk beristirahat sehari-hari harus dibersihkan secara rutin. Kasur yang terbuat dari matras hendaknya bebas dari kutu loncat. Sprei pun perlu sering diganti agar tetap nyaman dan segar.

Membersihkan kasur sangatlah penting untuk menghilangkan bau tak sedap, tungau dan debu yang mungkin mengganggu kenyenyakkan tidur Anda. Ada berbagai macam cara alami untuk membersihkan kasur, seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (19/2/2018).

Salah satunya baking soda, bubuk yang biasa digunakan sebagai pengembang kue atau roti. 

Bahan-bahan yang diperlukan cukup tiga jenis saja, yakni 16 ons baking soda, minyak esensial dan vacuum cleaner atau penghisap debu.

Langkahnya pun terbilang sederhana dan mudah. Berikut petunjuk singkat mengenai pembersihan kasur dengan baking soda.

2 dari 4 halaman

1. Campurkan Minyak Esensial dan Baking Soda

Sebelum memulai, balik atau putar matras. Lepaskan sprei dan bed cover. Baiknya hal ini dilakukan setiap enam bulan untuk memperpanjang umur matras dan mencegah kekenduran per.

Campur baking soda dengan 10 hingga 20 tetes minyak esensial. Minyak esensial berguna sebagai antibakteri alami, sedangkan baking soda ampuh menghilangkan bau dengan menyingkirkan kotoran dan kelembaban.

Untuk minyak esensial, disarankan memilih aroma yang menenangkan, seperti lavender, chamomile, cendana dan kenanga. Aduk rata, lalu taburkan di atas matras.

3 dari 4 halaman

2. Memijat Kasur

Gosok adonan tadi selayaknya Anda sedang melakukan massage atau pijatan untuk matras Anda.

Proses ini membantu membersihkan kasur Anda secara total dan menyeluruh. Setelah selesai, diamkan selama kurang lebih satu jam.

Sembari menunggu, bersihkan dinding di sekitar tempat tidur, pasang sprei dan bed cover baru. Buat tempat tidur senyaman mungkin.

4 dari 4 halaman

3.Gunakan Vacuum Cleaner

Setelah satu jam, nyalakan vacuum cleaner atau alat penyedot deb dan mulai bersihkan.

Biarkan adonan baking soda dan minyak esensial disedot alat penghisap debu itu melalui serat sprei. Pastikan bersih secara menyeluruh.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dari Rambut hingga Kaki, Ini 10 Keampuhan Soda Kue untuk Rawat Tubuh
Artikel Selanjutnya
4 Ramuan Sederhana Berbahan Baking Soda untuk Jaga Kebersihan Rumah, Coba Yuk!