Sukses

Sekjen PBB Desak Gbabgo Mundur

Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon Jumat mendesak Laurent Gbabgo, Presiden Pantai Gading yang dikalahkan, untuk mengundurkan diri.

Liputan6.com, Nairobi: Sekjen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Ban Ki-moon Jumat mendesak Laurent Gbabgo, Presiden Pantai Gading yang dikalahkan, untuk mengundurkan diri.

"Saya memperbarui seruan saya terhadap Tuan Gbagbo agar mengundurkan diri untuk mencegah kekerasan berlanjut dan dilakukan peralihan kekuasaan secepatnya kepada pemenang pemilihan presiden yang sah Allassane Ouattara," kata Ban kepada para wartawan di Nairobi.

Sementara itu dari Washington, AS, Jumat (1/4) mendesak pemimpin Pantai Gading Gbagbo untuk "segera mundur" untuk menghentikan kekerasan yang sedang berlangsung.

"Kami prihatin mengenai terus berlangsungnya kekerasan dan kami serukan kepada Tuan Gbagbo untuk segera mundur," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Mark Toner kepada para wartawan di departemen.

Uni Afrika (AU) pada Jumat juga meminta Laurent Gbagbo  untuk segera menyerahkan kekuasaan kepada presiden terpilih Alassane Outtara untuk mengakhiri krisis tersebut secara damai di negara itu.

AU mengatakan mengikuti situasi saat ini di Pantai Gading, ditandai dengan operasi militer.

Dalam pernyataan  yang dikirim kepada Xinhua, Uni Afrika mengatakan bahwa Jean Ping,  Ketua Komite Uni Afrika menyesalkan penolakan oleh Gbagbo atas tawaran damai yang dilakukan oleh Uni Afrika dan masyarakat internasional, yang belum memungkinkan untuk cepat menyelesaikan pelaksanaan solusi damai atas krisis di negara itu.(Ant/Xinhua/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini