Sukses

Teori Kebahagiaan Einstein Laku Dilelang Rp 21 Miliar

Liputan6.com, Yerusalem - Nasehat yang ditulis dalam 2 lembar notes oleh Albert Einstein dan berisi penjelasannya untuk hidup bahagia terjual di sebuah balai lelang Yerusalem hingga US$ 1,56 juta (sekitar Rp 21 miliar).

Ahli fisika kelahiran Jerman tersebut memberikan dua catatan nasehat itu kepada seorang kurir di Tokyo pada tahun 1922.

Pemberian dilakukan sebagai pengganti pemberian tip. Ketika kurir datang ke kamarnya untuk mengantarkan sesuatu, ahli fisika itu sedang tidak memegang uang untuk memberi tip.

Pria jenius itu mengatakan bahwa, jika beruntung, catatan-catatan itu akan menjadi sangat berharga.

Dikutip dari BBC pada Rabu (25/10/2017), Einstein mengabdikan hidupnya pada ilmu pengetahuan tapi berpendapat bahwa pencapaian tujuan yang telah lama diimpikan belum tentu menjamin kebahagiaan.

Saat itu Einstein baru saja mendengar bahwa dirinya meraih Piagam Nobel untuk bidang fisika. Kehadirannya di Jepang adalah untuk memberikan kuliah tamu.

Notes itu sendiri dituliskan menggunakan stationery dari Imperial Hotel Tokyo.

Satu kalimat dalam bahasa Jerman bertuliskan, "Kehidupan yang tenang dan sederhana akan membawa kebahagiaan lebih daripada mengejar kesusksesan dan kelelahan terus menerus yang melekat kepadanya."

Catatan kedua yang ditulis saat itu juga berbunyi, "Di mana ada kemauan, di situ ada jalan."

Balai lelang Winner’s Auctions mengatakan bahwa catatan pendek tersebut laku dilelang senilai US$ 240 ribu.

Pihak perusahaan mengatakan bahwa pemenang lelang untuk dua catatan itu jatuh lebih tinggi daripada harga perkiraan sebelumnya.

Pembeli dua catatan itu adalah seorang warga Eropa yang tidak ingin disebut namanya, sedangkan, menurut laporan, penjualnya adalah keponakan sang kurir.

 

Loading