Sukses

Terbang dengan Pesawat Carteran Saat Dinas, Menkes AS Minta Maaf

Ke depannya, Price berjanji tidak akan lagi menggunakan pesawat carteran saat bepergian dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai Menkes.

Liputan6.com, Washington, DC - Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Amerika Serikat Tom Price melayangkan permintaan maaf karena telah menggunakan pesawat carteran saat bepergian dalam rangka menjalankan tugasnya sebagai pejabat pemerintahan.

Seperti dikutip dari BBC pada Jumat (29/9/2017), Price yang merupakan anggota Kongres asal Georgia itu menegaskan akan mengganti biaya yang digunakannya. Ke depannya, Price menjanjikan akan terbang dengan pesawat komersial.

Permintaan maaf Price ini muncul setelah Presiden Donald Trump mengatakan, ia tidak senang dengan langkah Price terbang menggunakan pesawat carteran.

Pejabat pemerintah AS, kecuali mereka yang menangani persoalan keamanan nasional, diminta untuk bepergian dengan pesawat komersial jika menyangkut dengan urusan pekerjaan.

Sebuah investigasi yang dilakukan Politico menguak bahwa Price setidaknya telah 24 kali terbang dengan pesawat carteran sejak awal Mei dengan biaya yang dihabiskan sebesar US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4 miliar.

"Demi memastikan semua orang tahu bahwa hal ini tidak akan terjadi lagi, saya akan mengambil sejumlah langkah," kata Price dalam sebuah pernyataan pada Kamis waktu setempat.

Ia menjelaskan akan bekerja sama dengan dengan Inspektur Jenderal Departemen dan Layanan Manusia (HHS) untuk meninjau kembali persoalan ini.

"Sebagai Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan, saya tidak akan lagi terbang dengan pesawat carteran. Tak ada pengecualian," tutur pria berusia 62 tahun tersebut.

"Hari ini, saya menlis cek pribadi ke Kementerian Keuangan AS untuk membayar biaya perjalanan saya saat menggunakan pesawat carteran. Para pembayar pajak tidak akan mendanai sepeser pun tempat duduk saya di pesawat tersebut," imbuhnya.

Trump yang sempat ditanyakan, apakah ia akan memecat Price akibat persoalan ini, hanya menjawab, "Kita lihat saja nanti".

Perjalanan yang dilakukan Price termasuk, menempuh rute dari Washington ke Nashville pada suatu sore di mana ia hanya menghabiskan waktu kurang dari 90 menit untuk menghadiri dua acara. Ia diketahui juga bepergian dengan pesawat carteran untuk makan siang dengan putranya yang tinggal di Tennessee.

Menurut Politico, perjalanan Price yang dilakukan dengan jet bisnis Learjet menghabiskan nyaris US$ 18 ribu dana pajak.

Komite Pengawasan dan Reformasi Pemerintah telah merilis sebuah surat yang meminta rincian data perjalanan dinas Price saat menggunakan pesawat carteran. Menkes AS itu diberi waktu dua minggu untuk menyerahkan catatan tersebut.

Sementara itu, Juru Bicara Inspektur Jenderal HHS Tesia D Williams mengatakan, pihaknya tengah mengkaji apakah "perjalanan Price berpotensi pelanggaran".

Price tidak sendiri. Dua pejabat di pemerintahan Trump juga tengah diawasi karena penggunaan pesawat sewaan saat berdinas. Mereka adalah Menteri Keuangan Steve Mnuchin dan Kepala Badan Pelaksana Lingkungan Hidup Scott Pruitt.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.