Sukses

4 Aksi Unik dan Heroik Penyelamatan Bocah Tercemplung ke Lubang

Liputan6.com, Jakarta - Berhati-hati lah menjaga anak Anda bermain. Sebab jika lalai bahaya mengintai sang buah hati.

Seperti yang dialami oleh anak-anak ini. Entah karena tak didampingi atau sang pendamping lengah, bocah-bocah berikut dari beberapa lokasi berbeda ini tercemplung ke dalam sebuah lubang.

Mereka pun terjebak di dalamnya sampai tim pemadam kebakaran atau seseorang yang menyelamatkannya.

Dalamnya lubang membuat proses evakuasi sulit dilakukan, meski telah dilakukan beragam upaya penyelamatan. Mulai dari bantuan dari tim pemadam kebakaran, iPhone hingga menggunakan wanita bertubuh langsing.

Berikut ulasan evakuasi bocah jatuh ke lubang selengkapnya yang Liputan6.com lansir dari beragam sumber, Minggu (20/11/2016):

1. Pemadam Kebakaran

Seorang anak dua tahun diselamatkan setelah terjebak di tempat yang sempit, baik dalam selama 20 jam.

Insiden ini terjadi di kota Xi'an, ibukota provinsi Shaanxi Northwest China, Jumat, 22 Mei 2015.

Lubang sumur itu selebar 30cm dan sedalam 40 meter.

Tim penyelamat pertama harus menggali lubang di samping sumur di mana anak itu jatuh ke dalamnya.

Selama penyelamatan, seorang kerabat dari anak terus berbicara dengan anak itu, memastikan bahwa ia tetap terjaga.

2. Tali Pengaman

Seorang balita diselamatkan dari cedera serius dalam penyelamatan dramatis, setelah ia jatuh ke dalam sumur ketika bermain dengan teman-teman di China timur.

People's Daily Online melaporkan, anak laki-laki berusia tiga tahun itu jatuh ke kedalaman 300 kaki, dan harus dievakuasi oleh layanan darurat lokal di Kota Weifang di Provinsi Shandong.

Bocah terselamatkan dengan tali pengaman tim pemadam kebakaran. (CCTV)

Dua mobil pemadam kebakaran dengan 12 petugas pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian pada pagi hari 31 Maret. Mereka memasukkan tali penyelamat melalui celah untuk menyelamatkan anak itu.

3. Bantuan iPhone

Layanan darurat dipanggil setelah tangisan anak yang terdengar datang dari sebuah lubang sempit sedalam 40 kaki di sebuah desa dekat Kota Mengzi, China.

Selama operasi penyelamatan nan rumit itu, si anak kecil itu terus tergelincir keluar dari harness penyelamatan yang dirancang untuk orang dewasa.

Namun dengan sedikit kecerdikan, tim pemadam kebakaran menurunkan ponssel pintar keluaran Apple , iPhone. Dengan kamera videonya, memungkinkan mereka untuk melihat posisi anak itu.

Rekaman close-up yang diambil dari Telegraph edisi 2 April 2012 itu, digunakan untuk lebih memposisikan tali di sekitar tubuh kecil si bocah. Sehingga memungkinkan mereka untuk menarik anak tertekan untuk keselamatan.

Balita itu lantas dibawa ke rumah sakit namun beruntung tidak mengalami luka berat.

4. Bantuan Wanita Langsing

Peristiwa serupa terjadi di Rusia. Kecil dan sempitnya lubang membuat evakuasi bocah perempuan ini amat sulit dilakukan.

Tubuh pemadam kebakaran tak ada yang bisa memasuki lubang tersebut. Pun demikian dengan orang-orang yang menyaksikan upaya penyelamatan tersebut.

Ada yang muat di dalam lubang, tapi dirasa tak mampu melakukan proses evakuasi. Akhirnya diputuskan seorang wanita muda bertubuh langsing untuk membantu tim pemadam kebakaran tersebut.

Dalam rekaman yang disebutkan terjadi pada 2012 lalu itu, terlihat perempuan itu diikat tali lalu diturunkan ke dalam lubang. Tak lama kemudian ia ditarik tanpa membawa sang anak.

Pada upaya kedua, ia baru berhasil menarik sang bocah. Berikut ini detik-detik mendebarkannya: