Sukses

Top 3: Akhir Misi 365 Hari di 'Planet Mars'

Simulasi suasana tinggal di planet Mars dilakukan selama 365 hari di Bumi. Seperti apa rasanya?

Liputan6.com, Jakarta - Cita-cita untuk bisa tinggal di Mars membuat sejumlah persiapan dilakukan. Mulai dari pengiriman mesin penjelajah (rover), permodelan bentuk tempat tinggal, hingga simulasi tinggal di planet Merah itu. 

Para ilmuwan pun mencoba meniru suasana tinggal di planet tersebut, dan menugaskan 6 orang astronot untuk tinggal selama 365 hari dalam ruang simulasi yang terletak di ketinggian 2.500 meter di atas permukaan laut. Akhir misi tersebut paling menyedot perhatian pembaca Liputan6.com, Selasa (20/8/2016) pagi.

Kemudian, kisah seputar Putri Diana kembali membuat rasa penasaran pembaca. Kali ini ia diduga kuat memegang sejumlah rahasia skandal seks di kalangan Istana.

Terakhir, terkait kabar munculnya fenomena bulan kembar yang disebut-sebut akan terjadi pada 2287.

Berikut Top 3 Global selengkapnya: 

1. 365 Hari di 'Mars', Angkasawan Akhirnya Kembali Menginjak Bumi

Setelah 365 hari berada di Mars, para peneliti akhirnya kembali bisa merasakan peradaban Bumi (@HI_SEAS).

Sekelompok angkasawan akhirnya kembali ke Bumi setelah satu tahun berada di 'Mars'. Keenam antariksawan tersebut menghabiskan 365 hari di dalam sebuah kubah geodesik yang diatur memiliki lingkungan seperti planet merah itu.

Terletak 2.500 meter di atas permukaan laut, ruang simulasi tersebut berada di lereng gunung api Mauna Loa, Hawaii.

Seperti dikutip dari CNN, Senin 29 Agustus 2016, percobaan terpanjang tersebut dirancang untuk menguji kinerja dan kecocokan para peneliti di dalam ruang simulasi tersebut.

Uji coba tersebut merupakan salah satu bagian penting sebelum melakukan misi sebenarnya ke Mars.

Hal itu dilakukan karena nantinya astronot akan berada dalam ruangan yang sempit selama 6 bulan, ketika melakukan perjalanan ke planet merah.

Selanjutnya...

 

2. Diana Pegang Rahasia 'Skandal Seks' Keluarga Kerajaan Inggris?

Mungkinkah segala kisah keintiman seks kalangan Keluarga Kerajaan Inggris bisa memicu kemarahan yang berujung kepada pembunuhan?

Putri Diana konon menyimpan banyak rahasia yang ia bawa hingga dalam kubur. Beberapa di antaranya pernah dibeberkan Princess of Wales itu dalam sejumlah video. Bila video-video itu sampai bocor ke publik niscaya bikin malu keluarga Kerajaan Inggris.

Total ada 16 video, dengan durasi keseluruhan 73 jam, yang diambil mantan juru kamera BBC, Peter Settelen, pada awal tahun 1990-an di Istana Kensington.

Kaset-kaset itu merekam pengakuan Diana tentang pernikahannya yang gagal dan perlakuan keluarga Kerajaan Inggris terhadap sang Lady. Tak hanya itu, sejumlah skandal juga dibeberkan ibu Pangeran William dan Harry itu.

Sebagian, dilaporkan ada tujuh rekaman, telah disita para detektif Scotland Yard dari kediaman pelayan (butler) sekaligus sahabat Diana, Paul Burrell, di Cheshire, Inggris, pada 2001 lalu. Konon, rekaman tersebut disimpan dalam safe deposit box di sebuah lokasi yang dirahasiakan.

Selanjutnya...


3. Isu Penampakan 'Bulan Kembar' 27 Agustus 2014 Terbukti Hoax

Isu penampakan 2 Bulan(Twitter)

Kabar spektakuler yang berkaitan dengan fenomena langit santer beredar di dunia maya. Di luar negeri, juga menyebar hingga Indonesia.

Dikabarkan, pada 27 Agustus 2014 atau Kamis 28 Agustus 2014 pukul 00.30, ada penampakan 2 Bulan di langit. "Mars akan terlihat sangat cerah dan seperti Bulan, semua orang bisa melihat dengan mata telanjang," demikian kabar yang beredar.

Planet Merah disebut berada dalam jarak 34,65 juta mil dari Bumi. "Anda akan melihat 2 Bulan di langit. Hal itu baru akan terjadi lagi pada tahun 2287."

Namun, fakta membuktikan, kabar 'bulan kembar' bohong belaka alias hoax.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin juga menepis rumor itu.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini